JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Mengingatkan, ini Daftar Destinasi Wisata Keren di Wonogiri

Pantai Sembukan Wonogiri yang bertebing tinggi. Joglosemarnews. Aris Arianto

IMG 20210218 113753 3
Pantai Sembukan Wonogiri yang bertebing tinggi. Joglosemarnews. Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kebijakan pemerintah mengenai dibolehkannya berwisata saat pendemi masih berlangsung, hingga kini banyak diperdebatkan. Sebagian pihak menganggap kebijakan itu kontradiktif dengan pelarangan mudik.

Terlepas dari perdebatan itu, sejumlah pihak sudah menyiapkan rencana dan langkah ketika pintu wisata benar-benar dibuka lebar. Kabupaten Wonogiri misalnya, mengisyaratkan pembukaan obyek wisata mesti menunggu hasil evaluasi atas pelaksanaan PPPKM Mikro. Ketika dibuka pun semua pemangku kepentingan mesti menjunjung komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Yang jelas, rencana pembukaan obyek wisata ini sudah barang tentu menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Bukan saja oleh calon pengunjung, namun juga dari kalangan pengelola maupun para pelaku usaha. Dipercaya pembukaan obyek wisata bakal menggeliatkan kembali perekonomian di tengah pageblug.

Nah, kali ini JOGLOSEMARNEWS.COM mengulas sejumlah destinasi wisata di Kota Mete Wonogiri. Sekadar mengingatkan bahwa kabupaten terluas kedua di Jateng ini memiliki daftar panjang tempat wisata yang eksotis.

Terletak di wilayah perbatasan Jateng-DIY-Jatim-Samudra Hindia, Wonogiri menawarkan banyak lokasi plesiran nan menarik. Tersaji sangat komplit, mulai dari wisata pantai, wisata air tawar, pegunungan, sampai wisata buatan.

Pun lokasinya sebagian besar terjangkau oleh kendaraan, kendati jarak dengan kota terbilang jauh dan menguras tenaga. Namun capek lelah bakal terobati ketika sudah sampai lokasi. Eksotisme bentang alamnya akan menghipnotis pengunjung hingga membangkitkan energi kembali.

Langsung saja, ini destinasi wisata yang berada di Wonogiri.

1. Waduk Gajah Mungkur

IMG 20210211 115724 118
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri dilihat dari atas. Joglosemarnews. Aris Arianto

Berbicara mengenai Wonogiri tidak afdol jika tidak menyebut Waduk Gajah Mungkur. Waduk yang pernah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara itu sangat mudah dijangkau. Dari pusat kota Wonogiri tidak sampai menempuh perjalanan 10 kilometer.

Baca Juga :  Ini Cara Menyeberangkan Motor Melewati Waduk Gajah Mungkur Wonogiri Melalui Baturetno-Eromoko, Cukup 15 Menit Sambil Lihat Panorama Menawan WGM

Sejumlah wahana permainan menjadi primadona pengunjung. Seperti taman satwa, perahu wisata, omah jungkir, kampung galau, panggung hiburan, dan waterboom.

2. Museum Karst Indonesia Pracimantoro

Museum Karst Indonesia berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 40 kilometer arah barat daya kota Wonogiri. Lokasinya di lembah Bengawan Solo Purba dan dikelilingi tujuh gua karst.

Museum ini semacam membuktikan bahwa Wonogiri merupakan kawasan karst dan termasuk dalam Gunungsewu Global Geopark Network. Sebut saja diorama kehidupan manusia purba, contoh bebatuan karst, dan proses terbentuknya karst.

3. Pantai Nampu Paranggupito

Pantai Nampu ada di Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer arah selatan kota Wonogiri. Debur ombak Samudra Indonesia bertemu hamparan pasir putih dan tebing terjal perbukitan karst, nan elok dipandang mata. Ditambah rimbunnya tanaman pandan duri yang berada di samping kanan dan kiri tangga menuruni tebing menuju pesisir.

4. Pantai Sembukan Paranggupito

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Pantai Sembukan juga sering menjadi lokasi pelaksanaan ritual masyarakat adat. Misalnya larung sesaji ketika bulan Suro. Tempat parkir cukup luas, fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan tempat ibadah lengkap

5. Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo

Air terjun ini ada di lereng selatan Gunung Lawu. Air terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto. Berjarak sekitar 50 kilometer arah timur laut Kota Wonogiri. Ketika melewati jalur menuju air terjun, kita disuguhi pemandangan khas pegunungan. Ada aliran sungai, hamparan sawah, hingga hijaunya sayuran yang dibudidayakan warga setempat.

Baca Juga :  Resmi ini, Penutupan Tempat Wisata di Wonogiri Diperpanjang Sampai Tanggal ini, Kalau Mau Plesir Harus Ditunda Dulu Slur

6. Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Bagi anda pecinta olahraga pemacu andrenalin, puncak Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri cocok dipilih. Di tempat ini kita bisa melihat Waduk Gajah Mungkur dari atas sambil menikmati sensasi terbang dengan gantole.

Belum bisa naik gantole? Tenang pengelola di sana menyediakan jasa terbang tandem bersama instruktur, sangat profesional dan terlatih. Daerah ini memiliki thermal atau udara panas tergolong tinggi. Sangat pas untuk olahraga dirgantara seperti gantole maupun paralayang.

7. Gunung Cumbri

Menjadi pintu masuk sisi timur, Kecamatan Purwantoro memiliki destinasi unggulan, yakni Gunung Cumbri. Dari lokasi ini pengunjung bisa melihat panorama indah perbukitan di Wonogiri timur

8. Betal Lawas

Waduk gajah mungkur
Sisa-sisa kamar mandi di kawasan Betal Lawas. Foto : istimewa

Mau tahu kondisi Wonogiri dulu sebelum Waduk Gajah Mungkur dibangun? Betal Lawas di Kecamatan Nguntoronadi ini sangat direkomendasikan. Ketika genangan air surut, akan muncul sisa-sisa bukti adanya pemukiman. Ada bekas sumur, bekas kamar mandi, pawon, dan lainnya.

Sebenarnya masih banyak destinasi lainnya di Kota Sukses. Puluhan jumlahnya dan tersebar di 25 kecamatan yang ada. Hanya saja bakal kami sajikan pada tulisan yang akan datang. Jadi tunggu yah. Aris