JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Prof Sofyan Anif Kembali Terpilih Jadi Rektor UMS

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pelantikan Prof Anif dilakukan pada Kamis (8/4/2021) acara daring dan luring, di Gedung Edutorium UMS. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si kembali terpilih menjadi Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pelantikan Prof Anif dilakukan pada Kamis (8/4/2021) acara daring dan luring, di Gedung Edutorium UMS.

Pelantikan Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dilakukan langsung oleh Prof. Lincolin Arsyad, M.Sc, Ph.D dari Majelis Dikti Litbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

Dalam pidatonya, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan 6 strategi guna menunjang pengembangan UMS jangka menengah. Adapun 6 strategi tersebut yakni, Pengembangan lembaga dan sistem tata kelola secara profesional dan modern yang berorientasi pada “good governance” berbasis IT dan terintegrasi.

Baca Juga :  Terapkan Prokes Ketat, UMS Gelar Wisuda Daring dan Luring

Kedua, Pengembangan SDM (dosen dan tenaga kependidikan) melalui Penguatan Lembaga HRD (Human Resource Development) secara proporsional, komprehensif dan berkelanjutan.

Strategi ketiga, yakni penguatan Lembaga Kerjasama Luar Negeri dengan melakukan peningkatan dan pengembangan program internasional, baik program untuk mahasiswa maupun dosen.

“Kemudian strategi keempat, berupa reaktualisasi pengembangan IPTEKS berbasis nilai-nilai Al-Islam dan ke-Muhammadiyahan dengan melakukan pengembangan sistem kurikulum berkelanjutan dengan melakukan internalisasi nilai-nilai AIK yang sarat dengan nilai-nilai karakter,” urainya.

Kelima, Penguatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat secara masif dan visioner. Keenam, Mengembangkan sinergitas antara LPIK (Lembaga Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan) dengan fungsi pondok (3 pondok) yang berbasis pada sistem perkaderan persyarikatan.

Baca Juga :  Kerjasama Dengan PT Sritex, Polhas Dukung Program Kerja Sambil Kuliah

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Muhammad Zaenuri, DEA dalam sambutannya mengatakan bahwa UMS telah menjadi universitas tonggak, universitas pemandu, universitas contoh terhadap pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

“Prestasi UMS luar biasa. Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang telah menjadi universitas tonggak, universitas pemandu, universitas contoh bagi perguruan tinggi di Jawa Tengah,” tukasnya. Prihatsari