JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tak Perlu Jauh-jauh ke Bali, di Wonogiri Ada Wisata Kampung Bali, Lho!

Pemandangan salah satu sudut di objek wisata Kitagawa Pesona Bali di Wonogiri / Foto: Tedi Andrianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bagi Anda yag tinggal di Wonogiri atau seputaran Surakarta, jika ngebet ingin  berwisata ke pulau Dewata Bali, rupanya sekarang tak perlu repot-repot.

Pasalnya, di Wonogiri ada salah satu kampung yang memiliki objek wisata yang kental bernuansa Bali. Namanya ojek wisata Kitagawa Pesona Bali.

Objek wisata ini berlokasi di Jalan Mbelik Gede, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Andi Eka Setiawan selaku pengelola objek wisata tersebut kepada Joglosemarnews menjelaskan, Kitagawa Pesona Bali dibuka pada pertengahan bulan Desember 2019 ini.

Ia mengaku, pada awal berdirinya memang objek wisata tersebut belum ramai kunjungan, lantaran belum banyak orang tahu keberadaannya.

Baru setelah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi objek wisata ini pada Februari 2020 lalu, berangsur-angsur mulai banyak masyarakat yang tahu dan kemudian berdatangan ke  Kitagawa Pesona Bali.

Seirng berjalannya waktu, selama dua tahun terakhir jumlah kunjungan di objek wisata ini mulai meningkt.

Andi mengatakan, objek wisata ini memang sempat ditutup menyusul merebaknya virus Covid-19 demi mencegah penularan virus mematikan ini.

“Baru pada pertengahan Oktober kemarin objek wisata ini kembali dibuka,” ujarnya.

Hanya saja, sebut Andi, karyawan dan pengunjung objek wisata Kitagawa Pesona Bali harus menerapkan protokol kesehatan. Harapannya, para pengunjung bisa tetap menikmati segarnya udara dan indahnya pemandangan di Kitagawa Pesona Bali, seperti berada di tempat aslinya.

Mengapa mengusung Bali, Andi mengatakan Bali menjadi pilihan untuk dihadirkan di Wonogiri, lantaran pulau dewata tersebut menjadi salah satu ikon wisata Indonesia yang memiliki pesona cukup memikat.

Baca Juga :  Tidak Diduga, ini Alasan Ratusan Kendaraan Plat Luar Daerah Lolos Pemeriksaan di Wonogiri

“Karena itu, melalui objek wisata ini kami bertujuan memperkenalkan wisata dan kebudayaan Bali kepada masyarakat di Wonogiri dan juga untuk wisatawan mancanegara(wisman) yang akan berkunjung,” ujarnya, Selasa (20/4/2021).

Diakui Andi, Kitagawa Pesona  Bali memang belum 100 persen menyerupai objek wisata aslinya. Namun demikian wisatawan yang selama ini hanya bisa melihat pulau Dewata dari internet,  sekarang bisa datang ke Kitagawa Pesona Bali untuk menikmati suasana Bali. Tentu dengan harga yang relatif terjangkau.

Banyak Spot Foto Kekinian

Bagi para pengunjung milenial yang demen dengan foto-foto sefie, objek wisata Kitagawa Pesona Bali menyediakan lokasi yang tepat untuk berfoto hampir di setiap sudutnya.

“Semuanya telah kami desain sedemikian rupa agar terlihat menarik,” ujarnya.

Misalnya, mulai dari gapura emas, deretan lebih kurang 20 saung berlatar belakang perbukitan dan persawahan, meja kayu dengan pemandangan yang apik, bangunan Villa Abimana, hingga dua patung penari.

Di Kitagawa Pesona Bali, pengunjung bisa melakukan banyak aktivitas, salah satunya berfoto di spot kekinian bernuansa Bali.

Misalnya, ada spot berlatar patung barong, saung khas Bali, kain bercorak kotak-kotak hitam dan putih, serta masih banyak spot foto yang lainnya.

“Hampir di semua sudut Kitagawa Pesona Bali memang pemandangannya bagus. Yang paling digemari wisatawan adalah gapura emas, patung penari, dan spot meja kayu,” ungkap Andi.

Bagi wisatawan yang membawa anak, mereka tidak perlu khawatir karena pengelola objek wisata sudah menyediakan area bermain khusus untuk anak.

Selain itu, ada juga area yang memiliki beberapa hewan seperti ikan dan bebek yang letaknya tidak terlalu jauh dari area bermain tersebut.

Baca Juga :  Kapolda Jateng : Tak Memungkinkan Melakukan Tracing Tracking di Pos Penyekatan Maupun Terminal di Wonogiri

Setelah lelah berswafoto ria sambil mengelilingi Kitagawa Pesona Bali, wisatawan bisa mampir ke restoran untuk mencicipi kuliner yang telah disediakan.

Beragam menu dengan kisaran harga mulai dari Rp 15.000 hingga  Rp 26.000  ditawarkan di sana. Mulai dari ayam goreng, bebek goreng sambal matah, jamu, hingga berbagai minuman wedang termasuk wedang uwuh.

Sembari menunggu pesanan, karena ada banyak saung di Kitagawa Pesona Bali, pengunjung juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan sekitar bersama keluarga atau kerabat. Ada juga area meja kayu yang dapat disinggahi.

Lebih menariknya lagi, pengunjung juga akan disuguhi seni  pertunjukan tari khas Bali di Kitagawa Pesona Bali. Hanya saja, pertunjukan itu digelar jika jumlah pengunjung yang berminat memenuhi kuota tertentu.

Bagi yang ingin berkunjung ke Kitagawa Pesona Bali, pada hari biasa sebelum Ramadan biasanya buka pukul 08.00 – 18.00 WIB. Namun selama bulan Ramadan, objek wisata ini buka pukul 10.30  – 18.30 WIB.

Keindahan objek wisata Kitagawa Pesona Bali, ternyata dapat dinikmati hanya dengan tiket masuk senilai Rp 5.000 saja. Sangaat ramah di kantong.

Selama masa pandemi, ujar Andi, Kitagawa Pesona Bali menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti melakukan pengecekan suhu tubuh, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Kitagawa Pesona Bali dibulan Ramadhan ini juga sangat recomended untuk tempat ngabuburit di sore hari sekalian berbuka di restonya. Tedi Andrianto