JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Terhindar dari Bau Mulut saat Puasa Ramadan

Ilustrasi bau mulut. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM — Dalam beberapa hari ke depan bulan suci Ramadan akan segera tiba. Umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh.

Dokter spesialis gigi drg. Nike Puji Rahmawati memberikan beberapa tips agar terhindar dari bau mulut saat melaksanakan puasa Ramadan. Nike menyebut baut mulut dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Salah satu diantaranya adalah banyaknya karang gigi pada mulut. Untuk mengatasi hal tersebut, Nike menganjurkan untuk membersihkan karang gigi tersebut.

“Jadi sebaiknya sebelum puasa, ke dokter gigi dulu, bersihin karang giginya. Karena kalau saat puasa kan biasanya orang males. Mungkin karena capek atau karena takut batal puasanya,” jelas Dokter lulusan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tersebut, Jumat (9/4/2021).

Baca Juga :  Miliki Rasa Pahit, Ini Sederet Manfaat Pare untuk Kesehatan

Ia juga mengungkapkan faktor lain yang menjadi penyebab bau mulut. Yakni karena saat menjalani puasa, mulut seseorang akan menjadi kering. Solusinya, kata dia, adalah dengan banyak memakan makanan berserat, baik saat buka puasa maupun sahur.

“Makanan berserat seperti buah-buahan, sayur-saryuran banyakin minum air putih, dan makanan yang bervitamin dan bergizi. Biar gak terlalu kering dan air liur produksinya banyak,” ujar pemilik Nara Dental Clinic Surabaya tersebut.

Baca Juga :  Sederet Gejala Diabetes yang Sering Tak Disadari, Salah Satunya Rasa Lapar yang Terus Menerus

Ia juga menyarankan untuk menghindari makanan yang menimbulkan bau mulut, seperti bawang, petai, jengkol, dan durian. Selain itu, makanan atau minuman yang sebaiknya dihindari adalah yang PH asamnya tinggi. Seperti kopi dan teh.

“Teh dan kopi itu cenderung PH asamnya tinggi, apalagi kopi. Sebenarnya kita makan apa aja bebas. Cuma paling enggak, 15 menit sampai setengah jam setelahnya gosok gigi,” ujar Nike. Nike melanjutkan, yang lebih penting dari itu adalah rutin menggosok gigi, atau menggunakan obat kumur.

www.republika.co.id

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com