JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tragedi Kapal Selam KRI Nanggala-402, Para Pemimpin Negara Ini Ucapkan Belasungkawa. Dari Raja Arab Saudi hingga Presiden Putin

KRI Nanggala-402. Foto: Instagram/prabowo
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kabar tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 telah beredar luas hingga menjadi perhatian sejumlah media asing. Para pemimpin negara pun turut menyampaikan belasungkawa atas tragedi yang menyebabkan 53 prajurit TNI AL gugur.

Ucapan belasungkawa datang dari sejumlah pemimpin negara, tidak hanya yang berdekatan dengan Indonesia, namun juga sejumlah negara sahabat.

Berikut ini beberapa pemimpin negara dan pemerintahan negara asing yang mengirimkan belasungkawa kepada Indonesia atas tragedi KRI Nanggala-402:

1. Presiden dan Perdana Menteri Singapura

Singapura dalam unggahan di Facebook menjelaskan Presiden Halimah Yacob dan Perdana Menteri Lee Hsien Loong sudah mengirimkan surat belasungkawa ke Presiden Jokowi atas tenggelamnya KRI Nanggala-402.

“Saya sangat sedih dengan gugurnya 53 awak kapal akibat tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402. Kami sebelumnya sudah berdoa dan berharap mereka bisa diselamatkan, namun yang terjadi sebaliknya. Atas nama masyarakat Singapura, saya menyampaikan belasungkawa mendalam kepada masyarakat Indonesia,” demikian bunyi surat Presiden Halimah.

Dalam suratnya, Presiden Halimah pun mendoakan semoga ke-53 awak kapal KRI Nanggala 402 beristirahat dengan damai.

Sedangkan Perdana Menteri Lee dalam suratnya menyatakan belasungkawa kepada keluarga awak kapal KRI Nanggala 402, yang sangat terpukul oleh musibah ini.

Lee mengatakan, kapal MV Swift Rescue milik negaranya, sudah memperpanjang tugas masa pencariannya dan mengikuti operasi penyelamatan yang dipimpin Indonesia. Singapura siap memberikan bantuan apapun, yang diperlukan.

2. Perdana Menteri Malaysia

Ucapan belasungkawa juga datang dari PM Malaysia Muhyiddin Yassin yang ditujukan kepada Presiden Jokowi, pemerintah, serta masyarakat Indonesia atas tragedi kapal selam KRI Nanggapa-402. Pesan belasungkawa tersebut disampaikannya melalui unggahan di media sosial Facebook, pada Minggu (25/4/2021).

Baca Juga :  Sulitnya Pertemuan Jokowi-Megawati, Politikus PDIP: Kesalahan Jokowi Jauh Lebih Banyak Ketimbang SBY

“Saya mewakili Kerajaan dan seluruh rakyat Malaysia merakamkan ucapan takziah kepada Presiden Joko Widodo, Kerajaan, dan rakyat Republik Indonesia susulan tragedi yang menimpa kepal selam KRI Nanggala 402 pada 22 April 2021. Kami turut berdukacita atas tragedi yang menyejutkan dan amat menyayat hati ini,” tulisnya.

“Semoga Allah SWT mengurniakan kekuatan dan kesabaran kepada ahli keluarga 53 anak kapal KRI Nanggala 402 dalam menempuh dugaan ini. Malaysia senantiasa bersedia untuk terus menghulurkan bantuan wajar yang diperlukan kepada Republik Indonesia dalam menghadapi waktu genting ini,” lanjut PM Muhyiddin.

3. Perdana Menteri Australia

Pemerintah Australia melalui PM Scott Morrison juga menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas tragedi tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Dilaporkan Sky News Australia, PM Scott Morrison telah menghubungi Presiden Jokowi tak lama usai pengumuman KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam dan seluruh kru kapal selam gugur.

“Simpati terdalam kepada Presiden Indonesia Joko Widodo dan seluruh sahabat kami di Indonesia atas kehilangan KRI Nanggala. Sebuah tragedi sebagai pengingat atas pengorbanan para prajurit untuk negaranya. Sebuah kehormatan dapat turut berkontribusi dalam upaya pencarian yang dilakukan. Australia selalu siap mendampingi di masa sulit ini,” tulis PM Scott Morrison di Twitter, Minggu (25/4/2021).

4. Raja dan Putra Mahkota Arab Saudi

Pemimpin Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo atas tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di Laut Bali yang menewaskan 53 krunya.

Baca Juga :  Ketum PPP Hadir di Halalbihalal Golkar, Isyarat Gabung Kubu Prabowo?

“Kami mengetahui berita tentang kapal selam yang tenggelam di lepas pantai Bali dan kematian yang diakibatkannya. Kami mengirimkan kepada Yang Mulia, keluarga almarhum dan rakyat Indonesia duka cita kami dan simpati yang paling tulus,” kata Raja Salman dikutip Arab News, Selasa (27/4/2021).

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman juga menyampaikan duka cita kepada presiden dan rakyat Indonesia.

5. Presiden Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pesan belasungkawanya kepada bangsa Indonesia atas musibah tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 di perairan utara Bali. Hal ini disampaikan langsung melalui akun Facebook resmi Kedutaan Besar Rusia di Jakarta.

Presiden Rusia meminta untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan sahabat para pelaut yang tewas serta masyarakat Indonesia,” tulis akun Kedubes Rusia untuk Indonesia, Selasa (27/4/2021).

“Vladimir Putin menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sehubungan dengan tenggelamnya kapal selam angkatan laut Indonesia di Laut Bali,” katanya.

6. Menteri Pertahanan Korea Selatan

Ucapan belasungkawa turut disampaikan oleh Menteri Pertahanan Korea Selatan Suh Wook pada Senin (26/4/2021) melalui sepucuk surat kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Dalam suratnya kepada Prabowo, Suh menyebut Korea Selatan akan memberikan dukungan penuh kepada Indonesia.

Melalui akun Facebook, Kementerian Pertahanan Korea Selatan juga mengungkapkan duka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah tenggelamnya KRI Nanggala-402. Menhan Suh berdoa Indonesia bisa segera mengatasi situasi ini.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com