JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

Usahid Solo Mulai Lakukan Kuliah Tatap Muka untuk Beberapa Prodi

Universitas Sahid (Usahid) Solo mulai mengadakan kuliah tatap muka. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Universitas Sahid (Usahid) Solo mulai mengadakan kuliah tatap muka. Hal itu sesuai dengan hasil evaluasi efektivitas capaian pembelajaran daring sehubungan dengan pandemi covid-19.

Dosen Prodi DKV Usahid Solo, Ahmad Khoirul Anwar mengatakan, kuliah tatap muka diberlakukan terutama untuk mata kuliah yang bersifat keterampilan sehingga membutuhkan praktik secara langsung.

Adapun program studi yang sudah memberlakukan sistem perkuliahan tatap muka atara lain Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), Prodi Ilmu Komunikasi, Keperawatan, dan Farmasi.

“Kami memutuskan untuk memulai perkuliahan secara tatap muka per semester ini, khusus untuk mata kuliah yang banyak membutuhkan praktik seperti mata kuliah animasi, after effect, video maping, adobe illustrator. Pertemuan di kelas juga kami lakukan setiap pekan sebab memang mengharuskan begitu,” paparnya, Kamis (15/4/2021).

Ahmad menambahkan, untuk mata kuliah yang sifatnya praktik terkendala jika dilakukan secara daring.

“Dan dari evaluasi yang kami lakukan, sangat tidak efektif. Capaian pembelajaran tidak terpenuhi. Mahasiswa mengaku banyak yang tidak paham meski saat perkuliahan luring sudah ada tutorial, sesi tanya jawa serta sesi diskusi,” jelasnya.

Di sisi lain, keputusan menggelar perkuliahan tatap muka selain berdasar permintaan dan persetujuan dengan mahasiswa, juga berdasar inisiatif pribadi selaku dosen dengan melihat evaluasi pembelajaran.

“Tentunya, ini juga berdasar izin atasan dengan mematuhi sistem protokol kesehatan yang sudah ditetapkan seperti harus mengenakan masker, tidak bergerombol atau nongkrong setelah perkuliahan selesai,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Usahid Solo, Dahlan Susilo menegaskan keputusan perkuliahan secara langsung dengan menerapkan ketentuan protokol kesehatan secara ketat berdasar anjuran pemerintah dan juga Yayasan Sahid Jaya.

“Di Prodi Ilmu Komunikasi, ada Strategi Humas dan Jurnalistik. Kami menggunakan ruangan cukup luas sehingga memungkinkan untuk mengatur jarak,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com