JOGLOSEMARNEWS.COM Netizen

Viral Bocah Usia 12 Tahun Nyetir Truk Tronton di Jalan Tol, Ini Fakta di Baliknya. Ternyata Gantikan Pamannya yang Ngantuk Berat, Sempat Menyetir sampai 7 Kilometer

Tangkapan layar video viral aksi bocah usia 12 tahun menyetir truk tronton di jalanan. Foto: Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Aksi seorang bocah berusia 12 tahun yang menyetir truk tronton di ruas Tol Cikampek menjadi viral, setelah sempat terekam kamera pengguna jalan lain dan videonya beredar di media sosial.

Diketahui, bocah itu ternyata menggantikan pamannya yang beristirahat lantaran mengantuk. Bocah itu menggantikan sang sopir selama kurang lebih 30 menit.

Beruntung, aksi bocah tersebut tidak sampai menimbulkan kecelakaan atau membahayakan pengguna jalan lain. Petugas dari Polda Metro Jaya juga berhasil mengamankan bocah dan juga truk tronton tersebut.

Disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, petugas telah mengamankan kendaraan truk besar yang melaju di tol Cikampek menuju arah Tasikmalaya. Truk tersebut sempat dikemudikan oleh seorang anak berusia 12 tahun.

“(Kami amankan) satu truk yang dikendarai oleh seorang anak yang pada saat itu umurnya 12 tahun diakui dia akan ke Tasikmalaya sempat viral di media sosial,” kata Yusri kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga :  Viral Video Mobil Kuning Plat B Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Mudik Prambanan hingga Terpental

Dalam proses pengamanan truk tersebut, lanjut Yusri, pihaknya juga telah meminta klarifikasi dari sopir asli truk plat kuning itu yang berinisial H (33).

Menurut pengakuan H, dirinya menyerahkan kendali kepada si anak yang merupakan keponakannya tersebut karena dirinya mengantuk. Ia pun menyerahkan kendali truk kepada sang keponakan dan sempat melaju sejauh sekitar 7 kilometer, yakni dari KM 12 hingga KM 19 ruas Tol Cikampek.

“Dibawa sekitar kurang lebih hampir 30 menit saja, karena pada saat itu memang sopir aslinya mengantuk sekali kemudian digantikan oleh anak ini ke rest area selanjutnya,” tutur Yusri.

Atas kejadian ini Yusri meminta pengawasan kepada setiap orang tua untuk lebih bijak dalam mengawasi sang anak. Pasalnya, kejadian tersebut berpotensi menimbulkan kecelakaan, mengingat setiap jenis kendaraan memiliki aturan batas usia pengendaranya.

“Ini sangat berbahaya dampaknya bagaimana anak di bawah umur belum pantas memiliki SIM membawa truk sebesar ini kemudian menabrak orang, mati. ini yang harus dihindari,” tukasnya.

Baca Juga :  Ambyar, Begini Detik-detik Ribuan Pemudik Pakai Motor Berontak dan Jebol Penyekatan Jalur. Polisi Tak Berdaya Bendung Lautan Pemudik, Warganet Malah Beri Semangat

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan aksi bocah menyetir truk tronton sendirian beredar di media sosial dan menjadi viral.

Dalam sebuah video berdurasi 12 detik yang kini beredar di media sosial, memperlihatkan seorang bocah tampak tengah menyetir sebuah kendaraan besar, yakni sebuah truk tronton, di jalanan. Bocah itu tampak santai memegang kemudi.

Saat ditanya oleh pengguna jalan lain yang merekam aksinya, bocah itu mengaku sedang dalam perjalanan menuju Tasikmalaya, Jawa Barat. Bocah itu pun mengaku baru berusia 12 tahun.

“Mau ke mana?” tanya perekam video. “Tasik,” jawab bocah dari belakang kemudi.

“Umur berapa?” tanya perekam video lagi. “Dua belas,” jawab bocah tersebut dengan santai.

Video itu diunggah ke media sosial Instagram, salah satunya oleh akun @cetull.22. Video yang diunggah pada Rabu (28/4/2021) itu pun telah ditonton lebih dari 1.300 kali.

www.tribunnews.com