JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Indikator: Keberhasilan Penanganan Covid-19 Jadi Modal Elektoral bagi Airlangga di 2024

Airlangga Hartarto / Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Survei yang dilakukan Indikator menunjukkan bahwa sebanyak 65 persen masyarakat Indonesia menyatakan sangat puas dengan penanganan pandemi Covid-19 oleh pemerintah.

Hasil survei tersebut secara langsung atau tidak, telah memberi peluang bagi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga selaku Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dalam ajang bursa Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, prestasi dalam penanganan pandemi Covid-19 tersebut semestinya menjadi insentif elektoral untuk Airlangga Hartarto.

“Airlangga sebagai ketua komite penanganan Covid-19 plus Menteri Koordinator seharusnya yang paling berhak mendapatkan insentif elektoral,” papar Burhan, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Selain itu, menurut Burhanudin, hasil rilisnya menunjukkan bahwa Airlangga sudah masuk dalam radar elektabilitas sebagai capres 2024. Meskipun namanya masih kurang populer, namun masih terbuka kesempatan yang sama bagi Airlangga sebagaimana peluang kandidat lainnya.

Baca Juga :  Ambyar, Begini Detik-detik Ribuan Pemudik Pakai Motor Berontak dan Jebol Penyekatan Jalur. Polisi Tak Berdaya Bendung Lautan Pemudik, Warganet Malah Beri Semangat

“Jika dilihat lima besarnya, seperti Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, juga Prabowo, trennya tidak bergerak. Stagnan. Ini peluang untuk nama lain. Semua masih punya kesempatan,” ujarnya.

Tak Ada Konvensi

Sementara itu dari sisi internal Partai Golkar, telah ditegaskan bahwa partai berlambang pohon beringin itu tidak akan melakukan konvensi untuk menentukan kandidat Pilpres 2024 .

Pasalnya, seluruh kader Partai Golkar telah sepakat bulat untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (Capres) pada 2024.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily saat menghadiri rilis survei nasional Indikator Politik Indonesia bertajuk Persepsi Ekonomi dan Politik Jelang Lebaran, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga :  Jubir Benarkan Ketua KPK Telah Keluarkan SK Penonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai Tak Lolos TWK

“Tidak ada konvensi. Desakan kader di seluruh Indonesia meminta Pak Airlangga Hartarto untuk menjadi capres sudah sangat kuat,” ujarnya, sebagaimana dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Pernyataannya tersebut sekaligus menegaskan jika Partai Golkar satu suara mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres.

Menurut Ace, sosialisasi Airlangga yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Ketua KPCPEN didorong sebagai Capres telah dilaksanakan.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu  memastikan perkembangan penanganan pandemi Covid-19 yang semakin hari terus membaik tidak dimanfaatkan oleh Airlangga Hartarto untuk meningkatkan citra positifnya sebagai Capres.

“Beliau itu (Airlangga) sangat profesional. Beliau pernah menyatakan, ‘saya akan lebih konsentrasi menjadi ketua penanganan Covid-19, itu lebih penting’,” jelasnya.  Suhamdani