JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Agar Bawang Bisa Bertahan Lebih Lama, Jangan di Lemari Es

Komoditas bawang merah melonjak mendekati Lebaran. Foto/Wardoyo
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pada umumnya sayuran dan buah bisa bertahan lama dan tidak cepat membusuk apabila disimpan di lemari es.

Tetapi ternyata tidak semua sayuran bisa bertahan lama jika disimpan di lemari es, di antaranya adalah bawang putih dan merah.

Bawang merah menyerap lebih banyak kelembapan di lemari es, sehingga lebih cepat rusak,” ujar koki sekaligus pemilik restoran di Birmingham, Alabama, Amerika Serikat. Pati juga lebih cepat berubah menjadi gula di lingkungan yang dingin dan lembab, sehingga membuat mereka basah.”

Menurut University of California menyimpan bawang putih di lemari es akan merangsang pertumbuhan tunas, menurut University of California.

Meskipun bawang putih yang bertunas tidak berbahaya, ini merupakan indikasi bahwa bawang putih sudah melewati kualitas puncaknya.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Jadi, aih-alih memasukkannya ke dalam lemari es, simpan bawang utuh di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik, menurut National Onion Association.

Kelembapan atau kurangnya pergerakan udara akan mempercepat pembusukannya, sementara sinar matahari akan menyebabkannya bertunas. Ketika disimpan dengan benar, bawang utuh memiliki umur simpan yang bagus dan panjang sekitar 30 hari, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat USDA).

Bawang putih juga bisa disimpan dengan cara yang sama: di tempat yang sejuk, kering, dan berventilasi baik, menurut University of California. Penyimpanan dengan cara ini akan membuat bertahan lebih lama, sekitar 3 hingga 5 bulan dalam kondisi ini.

Bagaimana dengan bawang merah yang telah dikupas atau diiris? Berbeda dengan bawang utuh, bawang yang sudah dikupas, namun masih utuh (ketika lapisan tipis kulit luar yang keras dihilangkan) harus didinginkan. Menurut USDA, bawang kupas memiliki umur simpan sekitar 10 hingga 14 hari.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

Tapi untuk bawang iris atau bawang yang sudah dipotong dadu, umur simpannya sedikit lebih pendek: sekitar 7 hingga 10 hari, menurut USDA.

Adapun bawang putih yang telah dikupas dapat disimpan di dalam freezer, sebelumnya bungkus dengan rapat agar kedap udara.

Bawang putih juga bisa dikupas dan dihaluskan dengan sedikit minyak hingga membentuk pasta kental. Pasta minyak bawang putih yang dihasilkan kemudian bisa dibekukan dalam wadah kedap udara.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com