JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Bakal Dilantik Pimpin Sragen 2021-2024, Pasangan Bupati-Wabup Sragen Yuni-Suroto Usung Tag Line Gotong Royong Sak Lawase

Pasangan Yuni-Suroto


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Sragen terpilih hasil Pilkada serentak 2020, Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Suroto, dipercepat dan akan digelar Senin (24/5/2021) besok di Semarang.

Kepastian itu menyusul turunnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal izin percepatan pelantikan Bupati-Wabup terpilih hasil Pilkada serentak 2020 di Jateng.

Pasangan Yuni-Suroto yang memenangi Pilkada 2020 melawan kotak kosong itu akan dilantik untuk memimpin Sragen periode 2021-2024.

Duet yang diusung PDIP-PKB dengan koalisi gotong royong (Golkar, PAN, Nasdem) itu akan mengusung tag line Gotong Royong Saklawase.

Dalam Bahasa Indonesia, tag line itu berarti gotong royong selamanya. Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati membenarkan tag line itu.

“Iya tag line kami nanti gotong royong Saklawase,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (22/5/2021).

Menurutnya, tag line itu dipilih sebagai kelanjutan atas kepemimpinannya di periode 2015-2021 bersama Wabup Dedy Endriyatno.

Saat itu selama lima tahun mengusung tag line guyub rukun mbangun Sukowati. Tag line gotong royong sak lawase itu mengandung makna bahwa dengan gotong royong seluruh elemen akan mempercepat pencapaian program dan visi misi untuk membangun Sragen lebih baik dan sejahtera.

Pelaksana harian (PLH) Bupati Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan pelantikan Yuni-Suroto akan digelar Senin, 24 Mei 2021 di Semarang.

Baca Juga :  Pemkab Sragen Siap Fasilitasi Kepulangan Vino, Bocah Yatim Piatu yang Viral Usai Isoman Sebatang Kara di Kutai Barat. Bupati Sampaikan Terimakasih ke Semua Pihak

Pelantikan akan digelar secara virtual dan hanya ada 15 orang yang boleh hadir.

Kelima belas orang itu antara lain Bupati dan Wabup terpilih bersama suami istri kemudian masing-masing keluarga dua orang.

“Kemudian Ketua DPRD, Sekda, assisten 1, Kabag pemerintahan dan Kabag umum. Total hanya 15 orang,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (22/5/2021).

Kemudian, jajaran kepala daerah dan Forkompida mengikuti prosesi pelantikan secara virtual di Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen.

Pelantikan secara virtual akan digelar mulai pukul 09.30 WIB. Ketua DPRD Sragen, Suparno membenarkan dirinya memang mendapat undangan untuk hadir di acara pelantikan di Gubernuran Semarang pada Senin (24/5/2021).

“Kalau ketua dan wakil ketua fraksi undangannya di Pendapa Rumdin Bupati Sragen,” terangnya.

Percepatan pelantikan Bupati- Wabup itu tertuang dalam surat yang diterbitkan Kemendagri melalui Dirjen Otonomi Daerah tertanggal 21 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Dirjen Akmal Malik.

Surat bernomor 131.33/3342/OTDA itu intinya mengamanatkan tentang Pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pilkada serentak 2020 di Jawa Tengah.

Surat itu ditujukan pada pelantikan Bupati-Wabup terpilih di dua kabupaten yakni Sragen dan Demak.

Baca Juga :  Kasasi MA Turun, Hukuman Mantan Dirut RSUD Sragen dan Ketua PPK Dikurangi 4,5 Tahun dan 4 Tahun Penjara. Kejari Langsung Eksekusi Badan di LP Sragen

Di dalam surat berisikan bahwa percepatan pelantikan didasarkan pada adanya surat dari PLt Bupati Sragen No 13/198/01/2021 tanggal 17 Mei 2021 perihal permohonan percepatan pelantikan bupati-wabup Sragen masa jabatan 2021-2024.

Kemudian surat dari Ketua DPRD Sragen perihal permohonan percepatan pelantikan yang sama. Kemudian ada surat yang sama untuk pelantikan bupati-wabup Demak yang dikirimkan oleh Plh Bupati Demak 19 Mei 2021 dan Ketua DPRD Demak.

Dicantumkan dalam surat Kemendagri bahwa pelantikan dilakukan secara virtual dan secara hybrid sesuai dengan akhir masa jabatan kepala daerahnya dan sudah selesai sengketa perselisihan hasil pemilihan (PHP) di MK. Wardoyo