JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Deretan Olahraga Rumahan ini Efektif Turunkan Berat Badan

Ilustrasi Yoga. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Manfaat olahraga adalah memperlancar dan memperpecet metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang cepat tersebut maka jumlah kalori dalam tubuh yang terbakar akan semakin banyak.

Efek selanjutnya adalah akan menurunkan berat badan secara cepat dan efektif.

Lalu olahraga apakah yang bisa dilakukan di saat pandemi seperti sekarang ini?

Olahraga bisa dilakukan di rumah, dan tidak harus ke sport center, karena olahraga di rumah bisa sama efektifnya untuk menurunkan berat badan.

Dikutip dari berbagai sumber, olahraga tersebut yaitu:

1. Crunch

Salah satu olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan adalah crunch. Olahraga ini sangat baik untuk mengencangkan otot perut atas, mengurangi lemak perut, dan membentuk perut terlihat lebih baik. Latihan ini termasuk dalam salah satu latihan perut yang paling populer karena telah terbukti efektif menghilangkan perut buncit yang sering dikeluhkan oleh penderita obesitas.

Cara melakukan Crunch yaitu:
– Berbaring Terlentang
– Tekuk lutut
– Letakkan tangan di belakang kepala
– Angkat bahu dari lantai dan tekuk kedua kaki ke arah tulang rusuk
– Lakukan sebanyak 20 hitungan

2. Yoga

Tidak hanya baik untuk pernafasan, yoga termasuk dalam olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Rutin melakukan gerakan yoga di pagi hari efektif untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, yoga juga memiliki banyak manfaat lain bagi tubuh termasuk mempercepat proses penyembuhan, memperkuat organ dalam, dan baik untuk mengencangkan kulit.

Dari sekitar 250 pose yoga yang baik untuk kesehatan, ada beberapa gerakan yoga yang secara khusus direkomendasikan untuk menunjang program penurunan berat badan, seperti gerakan Adho Mukha Svanasana atau gerakan anjing yang menghadap ke bawah. Gerakan ini menawarkan peregangan yang lebih maksimal ke seluruh tubuh.

3. Piyo Flip

Olahraga low-impact seperti Piyo Flip termasuk bagian dari olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Para ahli kebugaran meyakini gerakan Piyo Flip sangat baik dalam membuat tubuh lebih ramping dan ringan. Hal ini dikarenakan gerakan Piyo Flip melibatkan seluruh bagian tubuh, mulai dari bokong, kaki, lengan, dada, dan bahu.

Cara melakukan Piyo Flip yaitu:
– Ambil posisi tubuh push-up
– Tekuk lutut kanan hingga membentuk sudut 90 derajat
– Angkat tangan kanan dari matras
– Perlahan putar tubuh Anda hingga wajah menghadap ke atas
– Lakukan berulang selama 10 kali
– Lakukan hal yang sama di sisi sebelah kiri

4. Plank

Plank termasuk dalam olahraga paling sederhana yang dapat dilakukan dalam upaya menurunkan berat badan selama berada di rumah. Gerakan plank sangat baik untuk melatih otot dan membakar lemak di badan, sehingga latihan ini sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan menguatkan tulang punggung.

Cara melakukan plank yaitu:
– Siapkan matras
– Ambil posisi seperti push-up
– Tekuk lengan hingga membentuk sudut 90 derajat hingga siku menyentuh matras
– Tahan posisi tersebut selama 2 menit
– Ulangi gerakan serupa selama 10 kali atau sesuai kemampuan

5. Squats

Olahraga squats bagus dipilih sebagai olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Latihan ini sangat cocok bagi seseorang yang ingin membentuk paha dan bokong yang ideal. Gerakan squat dapat membantu melatih otot inti tubuh termasuk otot perut bagian bawah yang menjadi salah satu bagian tubuh yang menyimpan lemak terbanyak.

Cara melakukan squats yaitu:
– Berdiri tegak
– Buka kedua kaki hingga sejajar dengan bahu
– Turunkan pinggul hingga posisi seperti duduk
– Kembali ke posisi berdiri
– Lakukan hingga 20 hitungan

6. Side Leg Raise

Salah satu latihan rumahan ini sangat mudah dan sederhana untuk dilakukan karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Latihan ini cocok untuk membakar kalori dan lemak di tubuh.

Cara melakukan side leg raise:
– Posisikan badan tertidur menyamping dengan tumpuan satu tangan dan kaki
– Angkat kaki yang tak menjadi tumpuan ke atas hingga membuat sudut 45 derajat
– Lakukan hingga 10 hitungan

7. Skipping atau Lompat Tali

Latihan ini merupakan salah satu latihan rumahan termudah yang bisa dipraktikkan untuk mendapatkan tubuh ideal. Lompat tali baik untuk mengencangkan otot dan dapat membakar hingga 10 kalori per menit. Sebagai permulaan, dapat memulai gerakan ini paling sedikit 10 menit per hari.

Setelah terbiasa, dapat meningkatkan durasi sesuai kemampuan sambil belajar untuk mencoba gaya lompatan yang lain, seperti melompat sambil berlari atau melompat dengan satu kaki secara bergantian. Jika dilakukan secara teratur, akan mendapatkan perubahan tubuh yang luar biasa.

8. Cardio

Latihan lain yang dapat dimasukan ke rutinitas olahraga di rumah adalah cardio. Olahraga ini bisa jadi pilihan olahraga di rumah yang cepat menurunkan berat badan. Salah satu dari cardio adalah aerobik karena baik untuk melatih otot-otot tubuh.

Jenis olahraga cardio lain yang dapat dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan di antaranya naik turun tangga dan jalan kaki atau jogging. Olahraga ini baik untuk mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot jantung.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com