JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Jelang Lebaran, PAC Pemuda Pancasila Mojogedang, Karanganyar Santuni Kakek Lumpuh Usia 100 Tahun

Foto: Beni Indra
PPDB
PPDB
PPDB

Pemuda Pancasila PAC Mojogedang Karanganyar tengah memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan /  Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Momentum menjelang  Idul Fitri 1442 H dimanfaatkan oleh Pemuda Pancasila PAC PP Kecamatan Mojogedang, Karanganyar  untuk mengelar bakti sosial.

Aksi sosial diwujudkan dalam bentuk pemberian  santunan kepada warga kurang mampu.

Dalam aksi tersebut,  hari Minggu (10/5/2021) PAC PP Mojogedang menyambangi Pawiro Rejo, alias Mbah Karto Tulus, kakek berusia 100 tahun  yang menderita kelumpuhan sejak lama dan membutuhkan uluran tangan.

Mbah Tulus hidup di bawah garis  kemisikinan dan  mengalami kelumpuhan sejak enam tahun lalu. Dia hidup di rumah salah satu anaknya.

Sedangkan Mariyem,  istri Mbah Karto Tulus berusia 90 tahun yang mengalami sakit katarak dan  sudah tidak bisa ke mana-mana.

Untuk itulah PAC PP Mojogedang memprioritaskan untuk menyambangi keduanya guna diberikan bantuan paket Sembako dan sejumlah uang.

Baca Juga :  Unit Weaving Pabrik Tekstil Kusuma Hadi Santoso, Jaten  Karanganyar Terbakar

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua PAC PP Mojogedang,  Bambang Sumantri bersama sekitar 50 anggotanya.

Ketua PAC PP Mojogedang, Bambang Sumantri (46) mengatakan, momentum lebaran mendorong PAC PP Mojogedang untuk berbuat sosial kepada masyarakat terutama yang kurang mampu secara ekonomi.

“Sebentar lagi Bakdo (hari raya Idul Fitri) kami menyempatkan membantu kepada Mbah Karto dan istrinya yang konfdisinya sangat kasihan butuh bantuan,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , di sela acara tersebut, Minggu (10/5/2021).

Bambang Sumantri berharap Pemdes setempat bisa segera kordinasi dengan Dinas Sosial atau Bupati agar memperhatikan kondisi keduanya. Setidaknya lanjut Bambang Sumantri, Dinsos bisa memberikan bantuan logistik serta pengobatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat.

Sebab selama ini keduanya belum tersentuh pengobatan rumah sakit karena kendala biaya.

Baca Juga :  Pemuda Katolik Diharapkan Berperan  di Dalam Maupun Luar Gereja

“Sebenarnya keduanya sangat membutuhkan perawatan akan tetapi karena kendala biaya maka terpaksa penyakitnya diobati seadanya semampunya,” tandasnya.

Bambang Sumantri menjelaskan selama ini kondisi Mbah Karto Tulus hanya tergolek ditempat tidur saja karena lumpuh sehingga hidupnya sangat bergantung pada keluarganya serta warga setempat yang memberikan bantuan.

Sedangkan kondisi istrinya Mariyem juga sangat kasihan karena penyakit kataraknya makin parah dan tidak bisa pergi kemana-mana.

Pada bagian lain Bambang Sumantri menjelaskan selain memberikan bantuan kepada kedua keluarga tersebut, jelang lebaran ini PAC PP Mojogedang sudah menggelar 13 titik baksos dan pembagian takjil di Kecamatan Mojogedang. Adapun puncak bhaksos adalah memberikan bantuan kepada Mbah Karto Tulus dan istrinya. Beni Indra

[sharethis-reaction-buttons]