JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Luhut Pastikan Jumlah TKA Asal Cina di Indonesia Bakal Dikurangi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Tenaga kerja asing (TKA) asal dari negeri Cina, dipastikan bakal dikurangi jumlahnya secara berangsur-angsur di Indonesia. Hal itu ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurut Luhut, saat ini TKA asal Negeri Tirai Bambu itu bekerja di sejumlah proyek di Tanah Air, seperti di kawasan industri Morowali.

Baca Juga :  Angka Reproduksi Covid-19 di Jawa-Bali Naik, Menko Luhut Minta untuk Waspada

“Kalau teman-teman tanya kenapa yang kita pakai itu tenaga Tiongkok, saya bukan orang bodoh memberikan itu (tenaga kerja) banyak kepada mereka. Saya pasti atur bagaimana supaya mereka dikurangi sebanyak mungkin,” ujar Luhut melalui video konferensi dalam acara halal bihalal Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di Hotel Four Season, Jakarta, Jumat (28/5/2021) malam.

Baca Juga :  Momen Presiden Jokowi Angkat Piala Thomas di Bali, Beri Apresiasi Setinggi-tingginya untuk Atlet-atlet Bulutangkis dan PBSI

Luhut mengklaim jumlah tenaga kerja Cina di kawasan industri Morowali saat ini jauh lebih sedikit ketimbang tenaga kerja Indonesia.

Dari total 50 ribu pekerja, 3.500 di antaranya berkewarganegaraan Cina. Sedangkan sisanya adalah pekerja lokal.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua