JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Perajin Tahu Sragen Tercekik Harga Kedelai Impor, Anggota DPRD Jateng Sriyanto Saputro Desak Pemerintah Segera Intervensi. Operasi Pasar atau Rumuskan Subsidi!

Sriyanto Saputro. Foto/Wardoyo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Meroketnya harga kedelai impor hingga membuat perajin tahu di Sragen menjerit, menuai reaksi dari DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jateng, Sriyanto Saputro memandang ketergantungan pada impor kedelai dengan harga yang sudah mencekik, sangat ironis dengan kondisi Indonesia yang memiliki lahan luas.

Menurutnya, bukan tidak mungkin kondisi yang menimpa perajin tahu dan tempe di Sragen itu juga terjadi di daerah lain di Jateng bahkan Indonesia.

Baca Juga :  Terseret Kereta Api dari Karangmalang Sampai Stasiun Ngrampal, Sukiyo Tewas Tubuhnya Tercerai Berai

Karenanya ia mendesak pemerintah segera bergerak melakukan intervensi dengan operasi pasar atau kebijakan lain untuk menstabilkan harga kedelai di pasaran.

“Ini sungguh ironis, menurut saya pemerintah harus melakukan intervensi untuk menstabilkan harga kedelai. Apakah itu operasi pasar atau kegiatan lainnya, dan segera,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (18/5/2021).

Jika dipandang perlu subsidi, Sriyanto juga mendorong pemerintah segera merumuskan pola subsidi yang harus diberikan kepada perajin.

Baca Juga :  Mendag: Bulog Impor Kedelai dari AS 350.000 Ton untuk Dijual di Dalam Negeri

Kehadiran subsidi diharapkan bisa menekan harga kedelai sehingga mengurangi biaya produksi perajin.

“Pemrov Jateng melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan ataupun Dinas Koperasi dan UMKM perlu koordinasi dengan Pemkab Sragen. Segera memfasilitasi apa yang menjadi kesulitan perajin tahu tempe. Jangan dibiarkan saja dan pasrah dengan jawaban harga yang terjadi karena hukum pasar. Pemerintah harus hadir dalam situasi seperti ini,” terangnya.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com