JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Tiga Aduan Masuk Posko Pengaduan THR, Ini Imbauan Dinkopnaker Boyolali ke Perusahaan

Posko Pengaduan THR Dinkopnaker Boyolali / Foto: Waskita

IMG 20210505 WA0024
Posko Pengaduan THR Dinkopnaker Boyolali / Foto: Waskita

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM –  Tiga aduan terkait pembayaran THR masuk ke Posko Pengaudan THR Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Dinkopnaker) Boyolali.

Terkait hal itu, jajaran Dinkopnaker pun langsung melakukan klarifikasi.

“Betul, ada tiga pengaduan yang kami terima,” ujar Kepala Dinkopnaker Boyolali, M Syawaludin.

Dijelaskan, pihaknya pun langsung merespon pengaduan dengan memanggil pihak- pihak terkait. Utamanya jajaran manajemen perusahaan yang diadukan guna dimintai keterangan terkait kebenaran aduan tersebut.

Baca Juga :  Penyebaran Covid-19 di Boyolali Terus Menurun, Dinkes Tetap Waspada

“Pengaduan yang masuk itu menyangkut pembayaran THR yang dicicil,” ujarnya.

Pihak manajemen perusahaan, lanjut dia, berkilah bahwa pembayaran THR dengan cara dicicil disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan. Pasalnya, pendapatan menurun akibat minimnya order karena kendala Covid-19.

“Namun demikian, kami tetap meminta adanya laporan keuangan lengkap sebagai bukti. Jangan hanya laporan ringkas saja,” ujarnya.

Ia menjelaskan, di antara aduan tersebut, ada pula perusahaan membayar THR dengan dicicil karena sudah ada kesepakatan dengan pekerja.

Baca Juga :  Bupati Boyolali Lantik Sembilan Kades Hasil PAW

“Saya tekankan, perusahaan harus fair menyampaikan kondisi keuangan perusahaan. Misal, ada kesepakatan dicicil, kalau bisa dicicil lima kali, kenapa harus sampai delapan kali. Kasihan para pekerjanya,” ujar dia.

Ditambahkan, pembayaran THR untuk hari besar keagamaan sudah menjadi hak pekerja. Sehingga sudah menjadi kewajiban seluruh perusahaan untuk membayarkan THR tersebut menjelang hari raya atau Lebaran.  Waskita