JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi

5 Tips Anak Aman Ikuti Sekolah Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19

Siswa SMPN 4 Solo mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah pandemi, Rabu, 4 November 2020. Foto Ilustrasi: JSNews/Triawati Prihatsari
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pembelajaran tatap muka (PTM) direncanakan akan dimulai pada bulan Juli 2021. Bahkan sejumlah sekolah di berbagai daerah telah menerapkan PTM ini.

Dengan penerapan PTM ini berarti para siswa akan belajar di sekolah bersama teman-temannya dan para guru.

Di masa pandemi ini kekhawatiran penyebaran virus corona masih dialami oleh para orang tua siswa.

Oleh karena itu diperlukan persiapan yang sangat matang untuk mengikuti sekolah tatap muka.

Dan yang paling utama adalah menjalankan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat.

Dokter Spesialis Anak dari Primaya Evasari Hospital, Ria Yoanita mengatakan tak hanya mematuhi protokol kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orang tua dan guru di sekolah demi mencegah penyebaran Covid-19. Ada panduan penting bagi orang tua dan guru yang perlu dilakukan setiap hari. Berikut rinciannya:

1. Cek kesehatan anak secara berkala
Sediakan termometer di rumah untuk mengecek kondisi kesehatan anggota keluarga lewat temperatur tubuh. Ria Yoanita menyarankan thermogun supaya hasil pengukuran suhu tubuh lebih presisi dan tanpa bersentuhan dengan permukaan kulit.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

“Apabila suhu tubuh anak di atas batas, batuk, dan sesak napas, jangan berangkat ke sekolah,” kata Ria Yoanita dalam keterangan tertulis, Ahad 6 Juni 2021. “Minta izin agar anak tetap di rumah.”

2. Mengajarkan praktik kebersihan kepada anak
Orang tua dan guru wajib menyampaikan dan mencontohkan praktik kebersihan kepada anak. Berikut detailnya:

a. Mencuci tangan
Orang tua bisa mengajarikan anak mencuci tangan sambil menyanyi dengan durasi sekitar 20 detik. Pilih lagu kesukaan anak agar gembira saat mencuci tangan.

b. Membawa air minum dan peralatan makan sendiri dari rumah
Membeli makanan dan minuman dengan peralatan dari penjual berisiko menularkan Covid-19. Sebab itu, bawa minum dan makan sendiri dari rumah.

c. Membuang sampah pada tempatnya
Anak mesti tahu bagaimana cara membuang sampah yang benar. Sampah plastik, sampah basah, hingga sampah medis seperti masker bekas pakai. Beri tahu anak agar merusak masker bekas pakai agar tidak digunakan ulang.

3. Etika batuk dan bersin

a. Tidak melepas masker saat bersin dan/atau batuk karena masker dapat menahan percikan

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

b. Segera buang masker dan ganti dengan yang baru bila sudah basah

c. Tidak menyentuh wajah saat bersin dan/atau batuk. Pakai tisu atau lengan baju bagian dalam untuk menutupi hidung dan mulut

d. Cuci tangan dengan air bersih dan sabun atau hand sanitizer setelah bersin atau batuk

e. Beri contoh secara langsung sehingga anak dapat meniru atau mengikuti

4. Transportasi berangkat dan pulang sekolah
Tidak disarankan menggunakan transportasi umum bagi siswa untuk pergi ke sekolah dan pulang dari sekolah. Sebaiknya antar dan jemput anak dengan kendaraan pribadi.
Jika tidak, sekolah dapat berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerahnya untuk menyediakan sarana transportasi khusus siswa sekolah agar tidak bercampur dengan masyarakat umum.

5. Jangan menyentuh wajah, mata, hidung, dan mulut
Droplet yang mengandung virus corona dapat masuk ke tubuh lewat tiga bagian yang berongga di wajah, yaitu mata, hidung, dan mulut. Sebab itu, anak harus selalu pakai masker di sekolah dan jangan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com