JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Heboh Pohon Punden Ratusan Tahun di Girilayu Karanganyar Mendadak Terbakar Sendiri. Pertanda Apa?

Kenampakan pohon tua yang secara misterius terbakar / Foto: Beni Indra


KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Warga Dusun Jinarum RT 02/01 Desa Girilayu, Matesih, Karanganyar, Jateng dihebohkan oleh kejadian aneh yakni terbakarnya pohon beringin yang termasuk punden (pohon usia tua dan dipercaya miliki kekuatan), Minggu (13/6/2021).

Pasalnya, kejadian pohon  punden terbakar itu pada saat cuaca mendung, namun tiba-tiba pada bagian tengah pohon keluar asap mengepul sehingga membuat warga panik.

Informasi yang dihimpun JOGLOSEMARNEWS.COM menyebutkan pada Minggu (13/6/2021) siang sekitar pukul 12.15 di Desa Girilayu yang merupakan dataran tinggi tersebut tiba-tiba cuaca mendung. Sejurus kemudian warga terdekat kaget melihat kepulan asap dari pohon punden tersebut.

Kepulan asap pun bergerak cepat dari yang semula sedikit dibagian tengah pohon, lalu sekian menit berikutnya bergerak naik dan kepulan makin pekat.

Tak pelak warga pun bingung hendak memadamkan api tapi ketinggian pohon tidak terjangkau karena pusat kepulan berada di bagian atas pohon setinggi hampir 15 meter tersebut.

Akhirnya warga menghubungi unit pemadam api dari Pemkab Karanganyar. Sekitar 25 menit unit mobil pemadam api datang dilokasi dan langsung menyemprotkan air.

Baca Juga :  Dinkes Karanganyar Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil

Namun upaya penyemprotan cukup berhati-hati karena diatas pohon tersebut terdapat kabel listrik sehingga dikhawatirkan bisa kesetrum.

Relawan Banser Kecamatan Matesih Eko Wahyudi (48) mengatakan diduga kebakaran itu karena konslet listrik karena pada bagian atas pohon punden itu bersentuhan dengan kabel listrik sehingga terjadi konslet.

“Kemungkinan penyebabnya konslet tersebut maka warga dan relawan pikir-pikir jika mau memadamkan api secara langsung karena bisa kesetrum apalagi listrik itu tegangan tinggi,” tandas Eko Wahyudi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (12/6/2021).

Menurut Eko Wahyudi tidak korban pada kejadian tersebut serta tidak ada kerugian material karena pohon punden milik umum masyarakat sekitar. Hanya saja akibat konslet tersebut listrik warga juga sempat mengalami mati lampu seiring terbakarnya pohon tersebut.

Relawan dari Religi Sumarno (50) mengatakan seluruh relawan di Kecamatan Matesih bergerak cepat dan bergotong royong melakukan tindakan agar kebakaran itu tidak meluas.

Baca Juga :  Bantu Pasien Isoman di Rumah, PMI Karanganyar Buka Layanan Pesan Antar Makanan. Tiap Hari Puluhan Dus Makanan Diantar ke Rumah-Rumah, Ini Nomor yang Bisa Dihubungi!

“Sebagian relawan memblokade sementara jalan tersebut agar warga terhindar dari kemungkinan tertimpa pohon dan setelah berhasil dipadamkan warga dipersilakan melewatinya,” ungkapnya.

Kabid Damkar Linmas Kantor Satpol PP Karanganyar Budi Cahyono S.Sos membenarkan adanya laporan warga tentang kejadian itu.

“Kami kirim 3 unit mobil pemadam kebakaran menuju lokasi dan api sudah berhasil dipadamkan,” tandasnya, Minggu (13/6/2021). Beni Indra