JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tahun Depan, Kawasan Bantaran Kali Pepe Solo Bebas Banjir

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan ke proyek pintu air Demangan, di Sewu, Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021) siang. Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kawasan bantaran Kali Pepe Solo bakal bebas banjir mulai tahun depan. Pasalnya, pintu air Demangan telah selesai dibangun 60 persen.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan ke proyek pintu air Demangan, di Sewu, Jebres, Solo, Sabtu (12/6/2021) siang. Basuki berharap proyek pengendalian banjir tersebut selesai tahun ini.

“Kita cek pintu Demangan lama itu memang sudah tidak layak. Kemudian dengan adanya perubahan iklim debit Sungai Bengawan Solo saat ini, misal hujan satu atau dua jam saja sudah bisa meluap. Makanya pintu air dipindah,” paparnya.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

Secara teknis, lanjut Basuki, pintu air akan dioperasikan jika debit air sungai meninggi. Nantinya, akan ada enam pompa dapat dioperasikan untuk memompa air dari Kali Pepe dimana lima diantaranya pompa utama dan satu pompa cadangan.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa selesai, ini sudah 60 persen. Mudah-mudahan (tahun depan bebas banjir), dan pengerjaan selesai termasuk proyek penataan sekitar sungainya. Anggarannya sekitar Rp 70 miliar. Nanti pintu air Demangan yang lama dijadikan heritage, anggarannya ada total dengan pintu air sekitar Rp 80 miliar,” tukasnya.

Baca Juga :  Unik,  Puluhan Cosplayer Bagi-bagi Takjil Di  Jalan Gatot Subroto

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menambahkan, pihaknya mempersiapkan proyek heritage pintu air Demangan lama segera mungkin setelah pembangunan pintu air Demangan baru selesai dilakukan.

“Kalau ini (Demangan baru) sudah selesai, nanti segera kita urus (Demangan lama),” terangnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com