JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tak Hanya Tsunami, ini Loh Potensi yang Dipunyai Kecamatan Paranggupito Wonogiri, Berbatasan Langsung dengan Samudera Hindia Memiliki Sederet Pantai Nan Eksotis

Pantai Kalimirah di Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Joglosemarnews.com/ Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Wilayah Kecamatan Paranggupito Wonogiri belakangan menjadi buah bibir. Ini menyusul adanya potensi tsunami yang bisa melanda hingga di ujung selatan Wonogiri tersebut.

Selain itu, selama ini Kecamatan Paranggupito diidentikkan sebagai daerah kekeringan. Setiap musim kemarau hampir bisa dipastikan Paranggupito menjadi langganan kekeringan dan krisis air bersih.

Namun terlepas dari hal tersebut, Kecamatan Paranggupito menyimpan potensi besar yang bisa dikembangkan demi kemajuan daerah. Banyak potensi alam melimpah di daerah itu.

Berikut potensi yang ada di Paranggupito lengkap dengan daftar nama desa dan dusunnya.

Advertisement

Dimulai dari sisi administratif, Kecamatan Paranggupito memiliki luas wilayah 6.475,4225 hektare, terdiri dari 8 desa, 38 RW dan 127 RT.
Jaraknya mencapai 68 kilometer dari Kota Wonogiri.

Baca Juga :  Lesus Mengamuk di Wonogiri, Dahan Pohon di Depan SMPN 1 dan Selatan SDN 1 Krisak Roboh

Paranggupito berada pada ketinggian 195 meter dari permukaan air laut. Merupakan satu-satunya kecamatan yang berbatasan dengan laut selatan dengan panjang garis pantai mencapai 15 kilometer.

Dengan fakta ini Paranggupito mempunyai deretan pantai nan eksotis. Sebut saja Pantai Nampu, Sembukan, Kalimirah, Waru, dan seterusnya.

Batas wilayah di sebelah utara adalah Kecamatan Pracimantoro dan Giritontro. Sedangkan di sebelah timur ada Kabupaten Pacitan, sebelah selatan Laut selatan dan sebelah barat Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hasil pertanian di Paranggupito meliputi padi gogo, jagung, ubi kayu, kacang tanah, dan kelapa deres. Untuk potensi UMKM meliputi kerajinan dan industri rumah anyaman bambu, mebeler, pertukangan. Ada pula pembuatan cabe jamu, empon-empon.

Baca Juga :  Josss, Begini Cara Menghindari Pinjol dan Bank Plecit Ala Pemkab Wonogiri

Ada satu jenis tanaman yang memang banyak dikembangkan di daerah ini yaitu cabe jamu. Potensi pertambangan yang banyak menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk Paranggupito adalah bahan galian C yang tersebar hampir seluruh wilayahnya. Juga usaha rumput laut dan pembuatan gula kelapa yang memang banyak bahan bakunya. Hasil perikanan Paranggupito adalah lobster segar dan ikan laut.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua