JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Apa Makna CT Value dalam Tes PCR Covid-19? Berikut Penjelasannya

Warga sedang menjalani rapid test covid-19 yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Rabu (27/5/2020). Pemkot Surakarta memperpanjang KLB corona dan menggelar rapid test secara masif untuk memutus mata rantai corona. Foto ; Hwa


 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM —Untuk menentukan seseorang terpapar virus corona atau tidak, biasanya akan dilakukan tes dengan  Test Polymerase Chain Reaction (PCR). Tes ini merupakan cara yang dinilai paling akurat untuk menentukan seseorang terjangkit SARS-CoV-2 atau tidak.

Pada lembar tes PCR, biasanya juga terlampir istilah Cycle Threshold (CT) Value. Lantas apa maksudnya CT ini? CT ini yang dapat mengukur jumlah virus dalam tubuh seseorang.

Baca Juga :  5 Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat

Namun, angka CT Value yang tertera seringkali salah dipahami oleh masyarakat awam. Mereka menganggap nilai CT Value berbanding lurus dengan tingkat keparahan Covid-19.

Advertisement

Padahal anggapan tersebut tidak tepat. Dalam hal ini, dokter Spesialis Patologi Klinis Rumah Sakit (RS) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dr. Tonang Dwi Ardyanto mengatakan, untuk menentukan tingkat keparahan Covid-19 perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter yang merawat.

Baca Juga :  Catat! Ini 7 Makanan dan Minuman Ampuh Atasi Sembelit

“Nanti dokter yang akan melakukan pemeriksaan fisik, kronologisnya bagaimana, dan hasil lab ditambah dengan CT Value untuk informasi tambahan bagi dokter yang merawat,” ujar dr. Tonang Dwi Ardyanto.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua