JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

BST 3 Koridor Alami Pengalihan Rute, Ini Daftar Lengkapnya

Rute Batik Solo Trans (BST) koridor 1, 2, dan 4 mengalami pengalihan dampak penutupan ruas jalan protokol. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Rute Batik Solo Trans (BST) koridor 1, 2, dan 4 mengalami pengalihan dampak penutupan ruas jalan protokol.

Hal tersebut diungkapkan Direktur PT Bengawan Solo Trans, Sri Sadad Modjo saat dikonfirmasi, Minggu (11/7/2021).

Seperti diketahui ada  enam ruas jalan di Kota Solo yang ditutup selama PPKM Darurat, yaitu Jalan Slamet Riyadi, Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Radjiman, Jalan Gatot Subroto, Jalan Piere Tendean, dan Jalan Yos Sudarso.

“Sudah mulai kita alihkan rute BST karena sejumlah ruas jalan ditutup selama PPKM Darurat,” kata Sadad.

Sadad menjelaskan, untuk BST Koridor 1 yang rute awal melintasi Jalan Slamet Riyadi dan Jalan Urip Sumoharjo dialihkan lewat selatan mengingat merupakan bus besar.

Dari dari awal timur atau Palur lewat Jalan Juanda kemudian masuk Jalan Urip Sumoharjo di Pasar Gede lalu depan Balai Kota Solo Jalan Jenderal Sudirman.

Selanjutnya belok kiri menuju Jalan Mayor Sunaryo, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Wahidin dan masuk Jalan Slamet Riyadi.

“Sementara dari arah barat nanti masuknya dari Flyover Purwosari turun langsung belok kanan menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Nanti ketemu Jalan Radjiman jalannya sama seperti dari arah timur,” papar dia.

Baca Juga :  Diduga Hasil Kejahatan, Belasan Motor dan 3 Mobil Diamankan Satreskrim Polresta Solo

Untuk BST Koridor 2, lanjut dia, tidak begitu pengaruh. Kalau dari arah barat mau ke timur nanti dari Gendengan tidak bisa lurus tapi belok kiri menuju Jalan Moewardi.

Tapi tidak naik Flyover Manahan melainkan lewat jalan di samping fly over kemudian belok kanan. Nanti belok kanan lagi menuju Jalan Yosodipuro dan sudah kembali ke jalurnya.

“Untuk pengalihan Koridor 2 tidak banyak berubah,” imbuhnya.

Sementara itu untuk BST Koridor 3 karena juga lewat Jalan Slamet Riyadi, jadi alihkan semuanya. Pengalihannya itu ke Jalan Honggowongso menuju Jalan Gajah mada sampai ketemu Jalan Monginsidi atau Balapan.

“Itu pulang pergi (PP) sama. Dari ketiga koridor ini yang paling terdampak sekali itu BST Koridor 1 dan Koridor 3, kalau Koridor 3 tidak terlalu parah,” ungkap dia.

Sosialisasi pengalihan tiga koridor ini sudah dilakukan ke masyarakat. Caranya dengan menempel pengumuman ke bus-bus, media sosial (medsos), dan media.

“Sosialisasi ke masyarakat sudah kita lakukan. Pengalihan rute ini semua selama PPKM Darurat, karena kalau berubah-ubah terus malah bingung,” sambungnya.

Baca Juga :  Selain Sektor Esensial dan Kritikal, Polda Jateng Larang Masyarakat Berpergian Selama Libur Idul Adha

Sadad menambahkan, selama PPKM Darurat ini tidak pengurangan armada dan masih tetap sama. Untuk Koridor 1 ada 27 bus, Koridor 2 ada 14 bus, Koridor 3 ada 18 bus, dan Koridor 4 ada 22 bus.

Namun, untuk waktu operasional BST dikurangi. Jika biasanya dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB, selama PPKM Darurat hanya sampai pukul 20.00 WIB.

“Untuk armada tidak ada yang dikurangi, hanya waktu operasional yang berkurang. Jadi pukul 20.00 WIB langsung kita tarik,” tandas dia. Prabowo