JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cemas Berlebihan Bisa Picu Munculnya Virus Lho, Yuk Pacu Imunitas dengan Tips Ini

Ilustrasi wanita dalam kecemasan / pixabay
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Setiap hari kasus positif covid-19 kian berkembang. Hingga saat ini sudah berjuta-juta orang yang terinfeksi virus tersebut.

Kondisi tersebut tentunya membuat kepanikan tersendiri bagi kebanyakan orang dan memicu kecemasan berlebih. Ditambah lagi muncul varian terbaru bernama Delta yang penularannya sangat cepat.

Dalam kondisi seperti ini, munculnya rasa cemas bagi setiap manusia tentu wajar. Tapi hati-hati ya, karena rasa cemas yang berlebihan justru dapat menyebabkan sistem imun melemah.

Cemas dan panik membuat seseorang lebih rentan terkena berbagai macam penyakit seperti covid-19.

Ahli imunologi klinis Leonard Calabrese juga menjelaskan bahwa stres sangat berpengaruh bagi imunitas tubuh.

Hanya dengan waktu singkat, kortisol dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan membatasi peradangan.

“Namun, terlalu banyak kortisol justru dapat meningkatkan peradangan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh,” ucap Calabraese, dikutip dari Tribunnews.com, Rabu, (28/7/2021).

Baca Juga :  Perlancar BAB dengan 5 Minuman Ini

Stress yang berlebihan juga dapat memicu turunnya kadar limfosit atau sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Karena semakin rendah limfositnya maka resiko terkena virus semakin tinggi.

Cara-cara sederhana dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa cemas atau stress dengan berpikir positif. Dengan berpikir positif, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin atau biasa disebut hormon kebahagiaan.

Dan yang paling penting adalah menerapkan protokol kesehatan. Memakai masker dua lapis, menggunakan handsanitizer setelah dan sebelum memegang barang, menjaga jarak setiap berada di tempat umum dan mencuci tangan kapanpun dan dimanapun.

Hal-hal sederhana di atas mempunyai pengaruh yang besar bagi keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jangan keluar dari rumah jika tidak memiliki keperluan mendesak, jika terpaksa patuhi protokol kesehatan dengan baik.

Baca Juga :  Meminimalisir Dampak Risiko Sakit Kritis, Saatnya Miliki Asuransi Ini

Jika memang merasa bosan akibat di rumah saja, maka bisa saja melakukan berbagai aktivitas di rumah, untuk meningkatan imun.

Meningkatkan imunitas juga didukung dengan pola hidup yang sehat. Seperti rutin berolahraga, istirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang, perbanyak minum air putih, menjaga kebersihan, dan berjemur dipagi hari. Dengan pola hidup yang sehat akan tercipta imun yang sehat pula di dalam tubuh.

Selain itu, masyarakat juga diharapkan tidak menyebarkan informasi yang tidak benar melalui pesan berantai whatsapp.

Pesan tersebut belum tentu terpercaya dan terbukti kebenarannya. Justru hal itu membuat kepanikan tersendiri di tengah-tengah masyarakat sehingga memicu stress yang berlebih dan memperburuk situasi.

Lebih baik masyarakat lebih selektif dalam memilih dan membaca berita. Sebaiknya mengkonsumsi berita melalui sumber yang dapat dipercaya. Inasya Salma Nabila

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com