JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Ini Resep Bulgogi, Daging Panggang Khas Korea

ilustrasi bulgogi / pixabay

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Rindu dengan masakan Korea tapi tidak bisa menikmatinya karena PPKM Darurat? Dapat daging kurban tapi bosan dengan olahan daging yang itu-itu saja?

Mari mencoba olahan daging sapi khas Korea yang dapat dibuat dengan bahan lokal dan tentu, rasanya tak kalah enak dengan olahan restoran Korea.

Bulgogi biasa dimasak dan dinikmati ramai-ramai. Bisa juga loh dalam kondisi ini, membuat semacam BBQ party bersama keluarga, jadi semacam mengadakan pesta kecil-kecilan walau hanya di dalam rumah.

Dikutip dari Youtube Maangchi, ini resep untuk mengolahnya. Untuk alat yang dibutuhkan antara lain grill pan atau jika tidak memiliki grill pan, dapat menggunakan teflon atau pan anti lengket lain.

Kemudian siapkan wadah yang cukup untuk menampung daging 1/2 kilo beserta tutupnya (bisa juga ditutup menggunakan plastic wrap).

Lalu siapkan parutan atau blender untuk menghaluskan bumbu marinasi. Terakhir siapkan sendok untuk menakar.

Bahan utama yang diperlukan yaitu daging sapi 1/2 kg, cuci, lalu iris dengan potongan tipis melebar.

Baca Juga :  Stok Daging Melimpah Saat Idul Adha, Simpan Dengan Cara Ini Biar Tahan Lama

Kemudian untuk bahan marinasi, siapkan :

– 1/4 buah pear

– 1/4 bawang bombay

– 4 siung bawang putih

– 1 sendok teh jahe yang sudah dihaluskan

Bahan-bahan di atas dapat dihaluskan dengan blender atau diparut.

Setelah bahan marinasi di atas sudah halus, maka tambahkan 1 sendok makan minyak wijen, 2 sendok makan kecap asin, 2 sendok makan gula merah yang sudah dihaluskan, dan sedikit lada hitam.

Lalu tambahkan daun bawang dan wortel yang diiris tipis memanjang.

Kemudian campurkan bumbu marinasi dengan daging yang sudah dicuci dan diiris tipis.

Setelah semuanya tercampur, diamkan di wadah tertutup minimal 30 menit, atau agar bumbu lebih merasuk, boleh di diamkan semalaman di dalam kulkas.

Namun, alangkah baiknya untuk daging yang sudah dibumbui segera dimasak setidaknya maksimal 2 hari penyimpanan. Hal ini karena tekstur daging dapat berubah, dan rawan menjadi tempat berkembang bakteri.

Baca Juga :  Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar dan Rasa Tidak Berubah Sampai Setahun

Sesudah didiamkan dalam marinasi, daging dapat langsung dipanggang di pan anti lengket hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Daging panggang khas Korea ini dapat segera dimakan dengan nasi atau dibungkus daun selada seperti yang biasa dimakan di drama Korea. Selamat mencoba. Elysa Indriyani