JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kabar Baik untuk Para Siswa dan Tenaga Kependidikan! Subsidi Kuota Internet Diperpanjang Hingga Desember 2021

Ilustrasi aplikasi ponsel. Foto: pixabay


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemerintah akhirnya mengalokasikan anggaran tambahan sebesar  Rp 5,54 triliun untuk kebutuhan subsidi kuota internet kepada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik dalam melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi Covid-19.

Menteri Keuangaan (Menkeu), Sri Mulyani mengungkapkan bahwa  Subsidi kuota internet akan diperpanjang selama empat bulan. Subsidi kuota internet itu  akan diberikan mulai bulan September-Desember 2021.

Pasalnya, subsidi kuota internet bagi siswa dan tenaga pendidik sebelumnya berakhir pada bulan Mei 2021.

“Ini akan ditambah Rp 5,54 triliun, dari yang sudah dialokasikan sebelumnya sebesar Rp 3 triliun,” katanya dalam konferensi pers evaluasi PPKM Darurat, Sabtu malam (17/7/2021) sebagaimana dikutip dari liputan6.com.

Pemberian subsidi kuota internet itu akan berkerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama sebab menyangkut seluruh sektor pendidikan termasuk sekolah keagamaan, madrasah, dan pesantren.

Baca Juga :  Daftar Wilayah PPKM Level 3-4, 5 Daerah di Solo Raya Masuk Level 4 no

“Jadi kami akan bersama kementerian pendidikan dan kementerian agama karena ini menyangkut semua sekolah termasuk sekolah keagamaan, madrasah, pesantre, ada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik,” tambahnya.

Subsidi kuota internet telah ditargetkan untuk empat sektor, yakni Pendidikan Usia Dini, Kalangan siswa, Kalangan Mahasiswa, serta tenaga pendidik.

Rencananya, siswa Pendidikan Usia Dini akan diberikan subsidi kuota internet sebesar 20GB per orang. Lalu, siswa SD, SMP, dan SMA akan diberikan subsidi kuota internet sebesar 35GB per orang.

Sedangkan, Kalangan Mahasiswa akan mendapatkan subsidi kuota internet sebesar 50GB per orang, serta tenaga pendidik mendapatkan subsidi kuota internet sebesar 42GB per orang. Dengan aturan harga kuota per gigabyte sebesar Rp 2.750. Hanifah Yulia Putri S