JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Kebiasan yang Bisa Turunkan Imunitas dan Mudah Diserang Penyakit

Ilustrasi olahraga. Pexels


JOGLOSEMARNEWS.COM — Gaya hidup tidak sehat, seperti malas berolahraga, kurang tidur dan makan malas makan makanan sehat seperti buah dan sayuran membuat imun tubuh lemah.

Sebaliknya jika selalu menerapkan pola hitup sehat dengan makan makanan gizi seimbang, rajin berolahraga, cukup tidur dan dibantu dengan suplemen vitamin dapat memperkuat imunitas.

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan imunitas bisa turun dan naik?

Ahli diet Mansi Padechia dari India mengungkap beberapa hal penting yang harus diingat agar kekebalan tubuh tidak turun.

Advertisement
Baca Juga :  Ingin Optimal Jaga Kesehatan, Perhatikan  Waktu Makan dan Tidur

“Tubuh kita cukup sering menunjukkan tanda-tanda sistem kekebalan yang kuat. Salah satu contohnya adalah ketika Anda mendapatkan gigitan nyamuk. Gatal merah dan bentol adalah tanda sistem kekebalan sedang bekerja.

Flu atau pilek adalah contoh khas tubuh yang gagal menghentikan kuman/bakteri sebelum masuk,” ujar dia, seperti dilansir dari Indian Express, Rabu, (21/7/2021).

Baca Juga :  Optimalkan Kadar Kolagen Alami dengan 3 Makanan Harian Ini

Tapi ketika tubuh pulih atau sembuh dari pilek, itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sudah bekerja. “Jika sistem kekebalan tidak melakukan apa pun, Anda tidak akan pernah bisa mengatasi flu, atau apa pun dalam hal ini. Ketika sakit, tubuh Anda tidak dapat bekerja secara maksimal.”

Inilah kebiasaan yang bisa membuat imunitas menurun. Hati-hati jika sering melakukannya.

1. Kurang tidur

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua