JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Krisis Donor Plasma Konvalesen, PMI Sragen Ajak Mantan Penyintas Covid-19 Tergugah Sumbangkan Darah. Setiap Hari Ratusan Pasien Menunggu, Yang Donor Belum Tentu Seminggu Satu

Ilustrasi antrian pasien di ruang IGD di salah satu rumah sakit di Jawa Barat. Foto/Istimewa


SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Melonjaknya angka covid-19 di beberapa daerah saat ini membuat kebutuhan akan plasma konvalesen meroket tajam.

Sayangnya, jumlah pendonor konvalesen hingga kini masih minim. Dari data yang diunggah PMI Solo hingga Senin (5/7/2021) pagi, jumlah pasien Covid-19 yang antri membutuhkan donor plasma konvalesen sudah mencapai 247.

Sementara stok yang tersedia kosong. Kebutuhan plasma konvalesen untuk golongan A hari ini tercatat sebanyak 65 pasien, B 72 pasien, golongan darah O 80 pasien dan AB 30 pasien.

Kelangkaan plasma darah konvalesen juga terjadi di Sragen. Wakil Ketua PMI Sragen, Soewarno mengungkapkan tiap hari rata-rata setidaknya ada 10 orang atau pasien positif Covid-19 di Sragen yang mengontak membutuhkan plasma darah konvalesen.

Advertisement
Baca Juga :  Gasak Truk di Gesi, Pemotor Tua Asal Sragen Tewas Mengenaskan. Kondisi Korban Bikin Trenyuh

Hal itu berbanding terbalik dengan jumlah pendonor konvalesen. Menurutnya belum tentu satu minggu ada pendonor untuk plasma konvalesen.
Sehingga tidak heran jika stok plasma darah hampir tak pernah ada.

“Setiap hari 3 sampai 4 orang kontak ke PMI menanyakan donor plasma konvalesen. Itu belum yang melalui hotline. Ya sekitar 10an orang setiap hari yang butuh. Tapi calon pendonornya yang nggak sulit,” paparnya, Senin (5/7/2021).

Baca Juga :  Innalillahi, Polisi Ungkap Kepala dan Kerangka Tubuh Eko Ditemukan Berserak Terpisah Hampir 200 Meter di Gorong-Gorong

Soewarno menguraikan untuk mencari calon pendonor, PMI Sragen sebenarnya sudah berupaya melakukan sosialisasi. Baik melalui media sosial maupun sosialisasi ke pasien-pasien positif tanpa gejala di Technopark.

Hal itu dilakukan dengan harapan ketika mereka sembuh, bisa tergerak mendonorkan plasma darah konvalesennya untuk membantu pasien lain yang membutuhkan.

“Tapi ya itu tadi, kendalanya pendonornya masih sedikit. Belum tentu seminggu itu ada yang donor,” terangnya.

Informasi donor konvalesen. Foto/Wardoyo
Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua