JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Miris, Segini Jumlah Anak yang Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19

Ilustrasi anak menangis / pixabay


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Situasi Covid-19 di Indonesia yang semakin memburuk dan angka kematian pasien yang semakin meningkat setiap harinya.

Kondisi tersebut menyebabkan kemungkinan jumlah anak yang kehilangan ayah atau ibunya meningkat, bahkan anak kehilangan kedua orangtuanya. Mereka harus merelakan kehilangan sosok orangtua akibat virus mematikan ini.

Bagi anak-anak, kehilangan sosok orangtua akibat covid-19 bukanlah hal yang mudah. Mereka harus menelan kenyataan pahit kehilangan orangtua diusia yang masih relative kecil.

Dampak buruk yang terjadi bisa dalam jangka dan pendek. Kesehatan dan keselamatan mereka akan terganggu.

Advertisement
Baca Juga :  Rivalitas Ganjar-Puan Meruncing. Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin PDIP Tetap Puan

Selain itu, mental yang dimilik anak-anak juga akan terganggu. Karena masih anak-anak, mereka belum memiliki kesehatan mental secara maksimal seperti orang dewasa pada umumnya.

Di Indonesia sendiri, jumlah kasus orang yang terkonfrimasi covid-19 berjumlah 3,8 juta per hari ini. Peningkatan jumlah pasien juga sebanding dengan peningkatan jumlah kematian yang ada di Indonesia.

Di antara 3,8 juta orang yang terkonfirmasi, terdapat orangtua dari anak yang saat ini sudah tidak memiliki orangtua. Diperkirakan lebih dari 1,5 juta anak di seluruh dunia kehilangan mereka.

Baca Juga :  Menko  Airlangga Berharap Pengelola Pasar Segera Dirikan Sentra-sentra Vaksinasi di Pasar

Angka tersebut dirangkum dalam hasil studi tim respons covid-19 yang telah terbit dengan jurnal bernama The Lancet. Angka tersebut bertambah menjadi 2 juta jika ditambah dengan data anak-anak yang kehilangan kakek-nenek, pengasuh dan orang tersayang.

Angka tersebut bukan merupakan angka yang sedikit. Pandemi covid-19 benar-benar memberi luka mendalam bagi anak di seluruh dunia karena angka kematiannya yang cukup tinggi.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua