JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Tips Hilangkan Sisa Pestisida di Buah dan Sayur

Ilustrasi sayur dan buah. Pixabay


Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra
Institut Sains Teknologi Kra

JOGLOSEMARNEWS.COM — Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang mengandung berbagai vitamin. Buah dan sayur ini sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia.

Yang perlu diperhatikan sebelum mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kita beli adalah soal kebersihannya, pastikan bahan makanan ini telah terbebas dari pestisida.

Seperti kita ketahui agar buah dan sayur tidak diserang hama, banyak petani yang mengunakan pestisida untuk menyemprotnya.

Menghilangkan pestisida pada sayur dan buah tidak cukup hanya menggunakan air.

Mengutip laman resmi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, berikut trik menghilangkan pestisida pada sayur dan buah.

Cuci bersih

Mencuci buah dan sayuran secara menyeluruh bisa membantu menyingkirkan kotoran yang menempel di permukaan kedua bahan makanan ini. Mencuci jenis buah dan sayur dengan air dingin akan membantu menyingkirkan kotoran. Cara ini bermanfaat jika akan dikonsumsi bersama kulitnya.

Rendam dengan air garam

Merendam buah dan sayuran dalam air garam dapat membantu menyingkirkan kotoran bersama dengan bahan kimia dan pestisida. Hal ini karena garam ampuh membunuh bakteri.

Baca Juga :  Jangan Khawatir Riders! Begini Tips Aman Ketika Berkendara Selama Pandemi Covid-19

Mengupas

Banyak sayur dan buah yang kulitnya terkontaminasi residu kotoran. Untuk itu cara terbaik menyingkirkan bahan kimia ini adalah dengan mengupas kulit kedua bahan makanan ini.

Dipanaskan

Memanaskan buah dan sayur pada suhu ekstrem efektif menyingkirkan bahan kimia dan pestisida. Caranya yaitu rebus air terlebih dahulu, rendam buah atau sayur dalam air selama 15 detik sampai 1 menit. Setelah itu, pindahkan buah atau sayur yang telah direbus ke mangkuk berisi air es. Dengan cara ini, kotoran atau pestisida akan lepas.

Rendam dalam larutan asam lemon/sitrat

Lemon atau asam sitrat yang dicampur dalam air menghasilkan larutan antimikroba. Dengan begitu, larutan ini akan menghancurkan kuman dan bakteri yang ada pada buah dan sayuran.

Menyikat buah dari lapisan lilin

Buah terutama apel lazim mengandung lapisan lilin di kulitnya. Cara terbaik untuk mengetahui ada tidaknya lapisan lilin adalah dengan menyikat atau menggaruk kulit buah menggunakan pisau atau bahkan kuku.

Rendam dengan air kunyit

Kunyit adalah bumbu yang biasa digunakan masyarakat India di masa lalu untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri dari makanan. Tuangkan 1 sendok teh kunyit di air, lalu rendam buah dan sayuran dalam larutan ini.

Baca Juga :  Jangan Khawatir Riders! Begini Tips Aman Ketika Berkendara Selama Pandemi Covid-19

Gunakan cuka putih

Tuang 10 persen cuka dan 90 persen air. Setelah campuran siap, biarkan buah dan sayuran terendam dalam larutan ini selama 15—20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Dalam hal ini cuka bisa mengurangi residu pestisida. #tempo