JOGLOSEMARNEWS.COM KOLOM

Yaa Ampun, Hanya DKI yang Jujur Laporkan Kematian Warganya

Ilustrasi. Pemakaman pasien Covid-19 di Boyolali / Foto: Waskita


Ilham Bintang

Catatan : Ilham Bintang*

Mari sejenak kita mengheningkan cipta bagi 86.835  + jiwa saudara kita, para  korban virus Covid 19 yang wafat.  Itu  angka total meninggal dunia selama pandemi berdasar data resmi harian Satgas Covid19 Selasa (27/7).  Jumlah yang wafat hari itu saja  2069 jiwa. Rekor kematian baru Indonesia.

Sedangkan  kasus positif baru  sebesar 45.293. Mengalami kenaikan dibandingkan sehari sebelumnya.Total kasus positif selama pandemi di Tanah Air sebanyak 3.239.936 orang.  Sedangkan yang sembuh 2.596. 820.

Baca Juga :  No Rocky, No Party

Sengaja saya menulis angka itu agar kita semua sungguh-sungguh memberi perhatian. Agar kita semua mentaati prokol kesehatan dan mentaati petunjuk kesalamatan dari pemerintah.

Advertisement

Jangan ada lagi pihak  “mengecilkan” kematian itu dengan membandingkan dengan korban di negara lain, terutama di Amerika Serikat. Sikap itu lebih mengimpresikan tipisnya empati terhadap korban dan keluarga yang ditinggal.

Baca Juga :  Bisa Dibeli

Kenapa tidak mengambil  sikap positif bangsa Amerika yang sering kita kutip sendiri — satu nyawa pun  yang melayang negara adalah pertaruhannya — sebagai pembanding?

Halaman:   « 1 2 3 4 5 | » Semua