JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pandemi Covid-19 Masih Berkepanjangan, Ini Pedoman Upacara HUT Kemerdekaan RI

Pengibaran Bendera Pusaka dalam upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2019 di Istana Merdeka. Foto ilustrasi: YouTube/Sekretariat Presiden


JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Melihat kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia masih berkepanjangan, tentu menjadi problem, bagaimana pemerintah pusat dan daerah hendak melakukan upacara peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Melalui Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.564/M/S/TU.00.04/07/2021 tertanggal 28 Juli 2021, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyampaikan Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan RI Tahun 2021 kepada seluruh jajaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

Dikutip dari Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor: B.564/M/S/TU.00.04/07/2021 tertanggal 28 Juli 2021, sehubungan dengan situasi pandemi Covid-19, penyelenggaraan upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 diatur sebagai berikut:

 

Advertisement
  1. Di tingkat pusat, Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Rl dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di lstana Merdeka Jakarta dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Baca Juga :  PPKM Jawa-Bali Diperpanjang 14-20 September 2021, Luhut: Ini Bentuk Pengendalian Covid-19

 

Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Komposisi petugas upacara di lstana Merdeka Jakarta terdiri dari:

Komandan Upacara sebanyak 1 orang;

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dengan formasi pasukan 17 -8-45;

Pasukan upacara sebanyak 40 orang, berasal dari TNl/Polri;

Korps musik sebanyak 24 orang;

MC sebanyak 2 orang; dan

Pasukan pelaksana Tembakan Kehormatan saat Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Rl sebanyak 17 orang, berasal dari TNl.

  1. Upacara dihadiri oleh Presiden (selaku lnspektur Upacara), Wakil Presiden dan petugas upacara sebagai berikut: Ketua DPR (selaku pembaca Teks Proklamasi) dan Menteri Agama (selaku pembaca doa).

 

  1. Tamu undangan Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 adalah sebagai berikut: Ketua MPR, Ketua Ketua DPD, Ketua MA, Ketua MK, Ketua KY, Ketua BPK, Menteri Kabinet lndonesia Maju, Panglima TNl, dan Kapolri, serta tidak mengundang masyarakat.
Baca Juga :  Breaking News, PPKM Kembali Diperpanjang Mulai Malam Ini, Bali Turun ke Level 3. Obyek Wisata Pantai Kuta Mulai Dibuka

 

  1. Di luar negeri, Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 dilaksanakan di Kantor Perwakilan Rl di luar negeri. Pelaksanaan agar menyesuaikan kondisi pandemi COVID-19 di tiap negara dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

 

  1. Di tingkat daerah, pelaksanaan Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Rl Tahun 2021 agar menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan:

 

1). Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas di daerah agar menerapkan pola yang sama dengan Paskibraka di lstana Merdeka Jakarta (menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19).

Halaman:   1 2 Semua