JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Lah, Kok Obyek Wisata di Wonogiri Dibenahi, Apakah Pertanda Sudah Mau Dibuka?

Sejumlah penumpang menaiki perahu wisata di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
ย ย ย 

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Hingga saat ini semua obyek wisata (obwis) di Wonogiri masih ditutup. Namun demikian, ada beberapa di antaranya yang dilakukan pembenahan.

Apakah hal itu pertanda obwis bakal segera dibuka?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri FX. Pranata mengatakan kerap menerima keluhan baik dari masyarakat maupun para pengelola obwis. Namun demikian, dia menilai hal itu wajar.

“Karena itu kan perlu edukasi dan sosialisasi. Kondisinya masih seperti ini, situasinya belum memungkinkan kalau dibuka,” kata dia, Senin (2/8/2021).

Menurut dia obwis belum bisa dibuka karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kerumunan pengunjung. Apabila terjadi kerumunan, dikhawatirkan akan muncul penularan Corona.

Baca Juga :  25 Sekcam di Wonogiri Terima Motor Yamaha Aerox 155, Telan Anggaran 695 Juta

Meski begitu, dia meyakini bahwa usai pageblug, pariwisata memiliki potensi sebagai penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) yang besar. Salah satunya di Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (OW WGM), dimana dilakukan revitalisasi di sana.

“Revitalisasi saat ini tetap jalan,” jelas dia.

Saat ini kata dia, anggaran sebesar 11 miliar yang bersumber dari APBD digunakan untuk membangun area parkir dan pedestrian di WGM. Hal itu mulai dikerjakan pada Juli lalu.

Di pedestrian yang dibangun kelak masyarakat bisa melakukan wisata hingga ke titik air. Sementara itu revitalisasi skala besar, kata dia, akan mulai dilakukan segera. Ditargetkan, September akan mulai digarap.

Baca Juga :  Qadha Puasa Ramadhan Bisa Dimulai dari Tanggal ini, Catat Supaya Tidak Lupa

“Iya, itu yang dari pusat. 2 September mulai. Sifatnya multiyears. Tahun 2022 juga pengembangan lagi,” jelas dia.

Sementara itu, Kawasan Museum Karst di Pracimantoro juga sudah dipersiapkan. Area parkir hingga jalan-jalan di Kawasan Museum Karst juga telah dilakukan perbaikan.

Pranata menuturkan, akhir tahun ini Museum Karst bakal diserahkan kepada Pemkab Wonogiri. Seperti diketahui, museum itu selama ini dikelola oleh Badan Geologi, sementara Pemkab Wonogiri mengelola kawasan di sekitarnya.

Pihaknya berharap objek wisata lain yang dikelola oleh swasta, perseorangan dan desa juga ikut berbenah. Sehingga nantinya para wisatawan bisa dimanjakan di objek wisata yang dikunjunginya. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com