JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Tim SMK Penda 2 Karanganyar Sukses Ciptakan Mesin Pengambil Sampah Canggih Bertenaga Surya. Bisa Angkut 20 Kg Sampah, di Saluran Irigasi Juga Bisa

Mesin pengambil sampah bertenaga Surya ciptaan SMK Penda 2 Karanganyar yang memenangkan Krenova 2021. Foto/Wardoyo
ย ย ย 

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM SMK Penda 2 Karanganyar sukses menciptakan prototipe mesin pengambil sampah otomatis hemat energi.

Keberhasilan itu mengantar mereka memenangkan lomba kreasi dan inovasi (Krenova) Kabupaten Karanganyar 2021. Mesin pengambil sampah itu diciptakan dengan memanfaatkan energi surya dan bisa dioperasikan mengambil sampah di lokasi sulit terjangkau.

Penggagas mesin pengambil sampah, Arif Harmawan mengatakan mesin ciptaannya itu bisa memungut sampah di jalanan beraspal sampai di saluran irigasi. Kapasitasnya 10-20 kilogram sampah sekali angkut.

Ia menceritakan inovasi itu ia rintis bersama rekannya Muhammad Panggih Qomarudin selama sebulan.

Mesin itu menggunakan komponen gear box untuk memutar rantai, panel surya, sensor dan plat besi yang dirangkai di sarana mirip gerobak dorong.

Untuk menggerakkan mesin itu dibutuhkan dua buah aki basah berkapasitas 24 volt.

Jika dengan panel surya, akan dihasilkan energi listrik sampai 100 watt. Hanya saja, disarankan memakai energi aki basah untuk menggerakkan mesin di saluran irigasi.

โ€œSebab mendorong mesin di saluran irigasi lebih berat. Pakai sumber energi aki basah. Namun di darat bisa pakai sel surya,โ€ paparnya kepada wartawan Rabu (18/8/2021).

Guru pendamping otomotif SMK Penda 2, Wiliam Pratama mengatakan mesin itu terpasang tiga buah sensor. Fungsinya menggerakkan mesin secara otomatis apabila mendeteksi sampah di haluannya.

Ia menyebut inovasi itu sudah diujicobakan. Namun ia menyebut memang masih ada kendala.

“Kendalanya memang bobotnya berat. Butuh empat orang mengangkut mesin ini. Mulai mengerjakan Mei lalu,โ€ katanya.

Ia mengklaim prototipe mesin tersebut dirancang dan dibuat dengan inspirasi orisinil. Belum terdapat tutorialnya di media sosial ataupun literasi lainnya.

Sekretaris Baperlitbang Karanganyar, Nina Anggrahini mengatakan tim dari SMK Penda 2 Karanganyar menyingkirkan 37 peserta lomba. Totalnya 41 karya inovasi.

โ€œPemenang juara I selain berhak uang pembinaan juga akan maju lomba Krenova tingkat provinsi. Di lomba tingkat kabupaten, diambil 12 pemenang masing-masing enam dari kategori pelajar dan enam kalangan umum,โ€ katanya.

Lomba Krenova kali ini dinilai lebih kompetitif dan memberi semangat mencipta benda inovatif. Pada tahun lalu, lomba tahunan ini sempat ditiadakan.

โ€œVakum di 2020 karena pandemi. Sekarang diadakan lagi. Saat ini kualitas malah lebih baik, jumlah peserta bertambah dan penemuan lebih berkualitas,โ€ katanya.

Dari Kabupaten Karanganyar, Nina mengatakan penemuan mesin tusuk sate pada lomba Krenova tahun 2019 lolos tingkat nasional. Mesin tusuk sate otomatis itu telah dipatenkan.

โ€œHarapannya dengan penemuan ini, kalangan industri melirik untuk bekerjasama,โ€ lanjutnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com