JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Waduh, Proyek Perbaikan Jalan Pracimantoro-Sumberagung dan Tirtomoyo-Jatiroto Ditunda Slur, Terkena Refocusing Anggaran Ternyata

Ilustrasi pengerjaan proyek jalan. Foto/Dok JSNews
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkab Wonogiri sejak tahun lalu telah menerapkan kebijakan refocusing anggaran. Ini dilakukan mengingat adanya pandemi COVID-19 yang menuntut penganggaran untuk hal yang bersifat sangat vital seperti kesehatan maupun bantuan sosial.

Nah, salah satu dampak refocusing anggaran adalah ditundanya sejumkah proyek, misalnya proyek perbaikan jalan. Di antaranya proyek perbaikan jalan Pracimantoro-Sumberagung dan Tirtomoyo-Jatiroto.

Namun demikian masih ada puluhan proyek perbaikan jalan lainnya yang tetap berjalan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Wonogiri Prihadi Ariyanto, Jumat (6/8/2021) mengatakan, ada dua ruas jalan yang tidak jadi diperbaiki lantaran ditunda karena refocusing anggaran. Kegiatan itu anggarannya bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jateng. Dua ruas jalan di Kabupaten Wonogiri tidak jadi diperbaiki tahun ini. adalah jalan Tirtomoyo-Jatiroto dan Pracimantoro-Sumberagung.

Baca Juga :  Kesehatan Jiwa hingga Gigi 359 Polisi Wonogiri Diperiksa, Terungkap Sudah Alasannya

Prihadi menuturkan, perbaikan jalan Tirtomoyo-Jatiroto semula diperkirakan menelan biaya Rp 10,2 miliar. Perbaikan rencananya dilakukan sepanjang 15,3 kilometer.

Untuk ruas jalan berikutnya yakni Pracimantoro-Sumberagung. Perbaikan jalan itu semula diperkirakan menelan biaya Rp 11 miliar. Perbaikan rencananya dilakukan sepanjang 10,1 kilometer.

“Ada 29 paket pekerjaan perbaikan jalan (yang tidak terkena refocusing anggaran). Lokasinya tersebar di seluruh Kabupaten Wonogiri,” ujar dia.

Baca Juga :  Qadha Puasa Ramadhan Bisa Dimulai dari Tanggal ini, Catat Supaya Tidak Lupa

Menurut dia, 29 kegiatan perbaikan jalan tersebut menelan total anggaran sebesar Rp 140.927.529.000. Anggarannya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Wonogiri Rp 132.927.529.000 dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 8.000.000.000.

“Dari jumlah kegiatan proyek perbaikan yang dilakukan tahun ini, ada empat kegiatan yang nilainya besar, mencapai Rp 8-9 miliar. Seperti kegiatan perbaikan jalan Jatiroto-Duren-Sidorejo, Baturetno-Batuwarno, Pasekan-Pucung-Basuhan, dan Kopen-Jeporo-Mangunharjo,” terang dia. Aris

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com