JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

3.780 Dosis Vaksin Moderna untuk Nakes Sragen Sudah Tiba. Siap-Siap, Efek Sampingnya Bakal Lebih Berat dari Astrazeneca

Hargiyanto. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen memastikan sebanyak 270 vial vaksin Moderna untuk vaksinasi tahap ketiga bagi tenaga kesehatan (Nakes) sudah tiba.

Dari jumlah itu, nantinya akan disuntikkan untuk sekitar 3.780 nakes yang tersebar di berbagai faskes di Sragen.

Kepala DKK Sragen, Hargiyanto mengatakan vaksin Moderna untuk Nakes itu sudah diambil dan tiba di Sragen pagi tadi. Jumlahnya 270 vial atau 3.780 dosis karena satu vial 14 berisi dosis.

Baca Juga :  Terbaik, Bank Djoko Tingkir Sragen Tetap Konsisten Kembali Meraih Penghargaan TOP BUMD Tahun 2024 Golden Trophy

“Baru diambil tadi pagi. Kita dalat 270 vial. Tinggal dikalikan 14,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (6/8/2021).

Hargiyanto menyampaikan vaksin Moderna itu nantinya khusus diperuntukkan bagi Nakes. Namun jumlah itu masih kurang lantaran jumlah total nakes di Sragen hampir mencapai 6000 orang.

Menurutnya 6000 dosis adalah jumlah ideal untuk menyuntik nakes di Sragen. Vaksinasi tahap ketiga untuk Nakes itu menjadi penting karena nantinya nakes akan ada pakta integritasnya.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

Ia mengingatkan Nakes untuk mempersiapkan kondisi dengan baik sebelum melakukan vaksinasi. Sebab KIPI atau efek samping dari vaksin Moderna jauh lebih berat daripada Astrazeneca.

“Efek sampingnya lebih berat. Melebihi Astrazeneca. Biasanya pegel, meriang dan agak berat. Sehingga nanti ada kebijakan setelah vaksin tahap ketiga nakes dibolehkan istirahat di rumah dan tidak boleh praktik,” tandasnya.

Menurut rencana, penyuntikan vaksin Moderna akan dimulai secepatnya. Kemungkinan disuntikkan mulai pekan depan. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com