JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Alhamdulillah, Anak Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri Berangkat ke Sekolah atau Bekerja Tak Lagi Seberangi Sungai Nglarangan

Jembatan
Pembangunan jembatan penghubung di atas Sungai Nglarangan Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri. Dok. Kodim 0728


WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabar menggembirakan bagi warga Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro Wonogiri. Pasalnya mereka dalam waktu dekat tidak akan lagi harus menyeberangi sungai Nglarangan saat berangkat ke sekolah atau bekerja.

Ini menyusul segera dibangunnya jembatan penghubung antar dusun. Jembatan tersebut melintang di atas sungai Nglarangan desa setempat. Sungai itulah yang selama ini mereka seberangi saat berangkat sekolah atau bekerja.

Pembangunan jembatan penghubung itu merupakan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III 2021 Kodim 0728 Wonogiri. Sasaran fisik TMMD dilaksanakan di Desa Lemahbang, Kecamatan Kismantoro, Wonogiri. Pembangunan jembatan di desa itu berdampak pada sektor pendidikan, perekonomian hingga pertanian warga.

Baca Juga :  Baru Tahu, Ternyata Razia Masker Terus Digelar Walau Kasus dan Level PPKM Sudah Turun loh

Kepala Desa (Kades) Lemahbang, Sugito, mengatakan, jembatan itu dibangun di kawasan sungai yang menghubungkan Dusun Lemahbang dengan Dusun Sambeng, Desa Lemahbang. Jembatan itu nantinya diharapkan mampu memberi manfaat di sektor pendidikan dan ekonomi.

Advertisement

“Sebelum ada jembatan, anak SD dari Sambeng yang akan ke sekolah Lemahbang harus jalan kaki menyebrangi sungai. Saat musim hujan, jalan itu tidak bisa dilalui karena luapan air,” ujar dia di sela pembukaan TMMD di komplek Setda Wonogiri, Rabu (15/9/2021).

Baca Juga :  DPRD Wonogiri Sepakat Tanpa Ujicoba, PTM Wonogiri Bisa Digelar September

Sehingga, saat musim penghujan para pelajar harus melewati jalan lain atau memutar sejauh 1,5 kilometer yang masih satu wilayah desa. Para pelajar SD di Dusun Sambeng sekolah di SDN 1 Lemahbang dan SDN 2 Lemahbang.

“Sudah ada jalan, tapi hanya bisa untuk sepeda motor. Bisa dilalui saat air surut atau kemarau saja, musim hujan tidak bisa. Itu sungai besar, satu-satunya di Lemahbang, namanya Sungai Nglarangan,” kata Kades.

Halaman:  
« 1 2 Selanjutnya › » Semua