JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Awas, 10 Merk Oli Palsu Beredar di Sragen. Simak 3 Cara Paling Mudah Membedakan Oli Asli dan Palsu!

Petugas Pertashop Tanggan Gesi Sragen saat melayani pembelian pelumas produk Pertamina kepada warga. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Masyarakat hendaknya lebih waspada jika membeli oli atau pelumas mesin di bengkel maupun toko.

Sebab baru-baru ini, polisi menggerebek dan membongkar praktik pembuatan oli palsu di salah satu bengkel dan ruko motor di Sragen Barat.

Meski sepintas hampir sama, pelumas palsu masih bisa dideteksi dari ciri-cirinya. Sales Supervisor Pertamina Soloraya, Fuad Hilmi mengatakan ada beberapa kiat untuk mengenali oli apakah asli atau palsu.

Salah satu cara paling mudah untuk mendeteksi keaslian oli adalah dengan melihat nomor serial pada kemasan.

Advertisement

Oli asli biasanya memiliki nomor serial yang sama dan sejajar baik di tutup maupun pada botolnya.

“Kalau angka tidak sejajar itu mungkin botol oli sudah pernah dibuka dan bisa jadi mengindikasikan isi di dalamnya adalah tidak asli atau palsu,” paparnya saat ditemui JOGLOSEMARNEWS.COM usai menghadiri launching Pertashop milik Fatchurrahman di Desa Tanggan, Gesi, Sragen kemarin.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah di Plupuh Sragen Saat Hujan Deras Melanda. Api Berkobar Saat Mbah Parinem Sedang Salat

Fuad menguraikan ciri lain untuk memastikan produk oli yang original adalah tutupnya masih rapat dan ulir masih utuh.

Jika tutup masih rapat hal itu mengindikasikan bahwa produk dan botolnya belum pernah dibuka sama sekali.

“Kemudian oli yang asli kalau dibuka muncul bunyi krek di botolnya,” urainya.

Terkait antisipasi pemalsuan, menurutnya Pertamina masih dalam proses mengatasi kualitas oli dan menekan celah pemalsuan.

Untuk menghindari tertipu oli palsu, ia mengimbau masyarakat agar membeli oli di bengkel-bengkel resmi atau yang sesuai dengan jaringan Pertamina SPBU, Pertashop dan agen- agen distributor resmi Pertamina.

“Insya Allah kalau tokonya resmi, kualitas dan keaslian produknya juga terjamin. Seperti di Pertashop ini, semua produk pelumasnya asli dan harganya juga lebih murah. Karena langsung didrop dari agen resmi Pertamina,” tukasnya.

Baca Juga :  Pelanggan PDAM Sidoharjo Sragen Keluhkan Air Mendadak Berubah Hitam Pekat Kayak Comberan. Warga: Mau Pakai Wudhu Sampai Gak Tega!

Fuad menambahkan efek memakai pelumas yang palsu, akan sangat merugikan konsumen. Sebab penggunaan oli palsu akan mempengaruhi kinerja mesin dan bisa merusak mesin jika terus menerus digunakan.

“Imbasnya nanti ke kendaraannya. Kalau pelumas yang asli itukan pelumasnya belum pernah di pakai otomatis kualitas untuk melumasi dan menjaga mesin lebih bagus dari pada yang sudah pernah di pakai dan dimasukan lagi. Kalau pakai oli asli, mesin akan lebih awet,” tukasnya.

Sebelumnya, kasus pemalsuan oli pernah terbongkar di Sragen setahun silam.

Aksi pemalsuan oli itu terbongkar dari penggerebekan Tim Satreskrim Polres Sragen ke sebuah bengkel motor di Jalan Solo-Purwodadi KM 14, Desa Jetiskarangpung, Kalijambe, Sragen.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua