JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

BPBD Karanganyar Gandeng Perum Jasa Tirta I Untuk Wujudkan Program Sekolah Sungai

Foto: Beni Indra
Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar, Jateng menjalin kerja sama dengan PT Jasa Tirta 1 Wilayah Soloraya untuk mewujudkan program sekolah sungai.

Program sekolah sungai adalah mengembalikan sungai sebagai fungsinya yakni sumber kehidupan, tempat wisata, edukasi serta fungsi terkait menjaga kelestarian alam.

Kasi Penanggulangan dan  Kesiapsiagaan  BPBD Karanganyar Hartoko mengatakan ruh sungai itu memiliki manfaat yang sangat besar menunjang kehidupan manusia.

Baca Juga :  Momentum HUT ke-57, DPD Partai Golkar Karanganyar Teguhkan Ilyas Akbar Almadani Sebagai Calon Tunggal Bupati 2024

Namun kondisi yang terjadi sekarang ini boleh dikata sungai jauh dari harapan dan fungsinya karena tercemar dan tergeser terdesak oleh pemukiman dan faktor lain.

Advertisement

Dengan demikian BPBD dan Perum Jasa Tirta 1 melakukan program penyelamatan sungai bertitel sekolah sungai.

Baca Juga :  Usung Calon Bupati Karanganyar 2024, Demokrat Karanganyar Siap Lanjutkan “Kawin Politik” dengan Partai Golkar

“Maksudnya sekolah sungai itu adalah mengembalikan sungai sesuai fungsinya,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Sabtu (25/9/2021).

Adapun bentuk riil program sekolah sungai  tersebut adalah mendorong terbentuknya komunitas pecinta pelindung sungai diempat wilayah Karanganyar.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua