JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Kontroversi Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari, Dari Bupati Tercantik dan Termuda, Keangkuhan Politik Dinasti Hingga Jerat Suap Jabatan 18 Kades

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penetapan tersangka Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari oleh KOK dalam kasus suap jual beli jabatan, kembali mencoreng dunia birokrasi.

Puput yang terjaring operasi tangkap tangan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (OTT KPK) dengan barang bukti Rp 360 juta, diseret sebagai pesakitan bersama 21 orang tersangka lainnya.

Puput ditangkap bersama sejumlah orang, termasuk suaminya, Hasan Aminuddin yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Fraksi NasDem.

“Sementara dapat saya sampaikan bahwa benar KPK telah melakukan giat penangkapan,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron lewat pesan teks, Senin, 30 Agustus 2021.

Baca Juga :  Gunung Semeru Meletus, Jepang Ketar-ketir Bakal Terdampak Tsunami, Ini Penjelasan Pakar

Menurut sumber Tempo di KPK, penangkapan terhadap Puput diduga berhubungan dengan perkara jual beli jabatan kepala desa.

Barang bukti yang disita dalam OTT KPK senilai Rp 360 juta. Puput menjadi Bupati Probolinggo sejak 2013 dengan diusung Partai NasDem.

Dia menggantikan suaminya, Hasan Aminuddin, yang sudah menjabat Bupati Probolinggo selama dua periode.

Perempuan kelahiran Ponorogo, Jawa Timur pada 23 Mei 1983 ini kerap disebut-sebut sebagai bupati perempuan termuda saat pertama kali dilantik pada usia 29 tahun.

Baca Juga :  Jelang Pengesahan, Pasal Demonstrasi di RKUHP Masih Dipersoalkan, Ini Duduk Masalahnya

Puput kembali dicalonkan dan terpilih dalam Pilkada 2018. Berpasangan dengan Timbul Prihanjoko, Puput yang disokong Partai NasDem, Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, dan Golkar.

Puput mengalahkan pasangan Abdul Malik Haramain-Mohammad Muzayyan yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan Demokrat.

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan ke KPK pada Februari 2021, Puput tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 10 miliar.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com