JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Pandemi Covid-19, Capaian Kanwil DJP Jateng II Tumbuh Positif

Ilustrasi e retribusi. pixabay
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Meskipun pandemi covid-19 masih berlangsung, Kanwil DJP Jateng II mencatatkan capaian kinerjanya yang terus bertumbuh positif. Capaian positif tersebut berlaku pada capaian penerimaan pajak dan capaian kepatuhan formal dari wajib pajak.

Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah II, Slamet Sutantyo mengungkapkan, tercatat realisasi penerimaan mencapai 53,35 persen atau sebesar Rp 6,654 triliun dari target Rp 12,474 triliun. Realisasi capaian tersebut mengalami pertumbuhan netto sebesar Rp 0,95 persen.

“Pertumbuhan berubah positif karena pertumbuhan ekonomi nasional mulai mengalami pemulihan meskipun masih di masa pandemi covid-19,” ujarnya, Jumat (10/9/2021).

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

Secara sektoral, lanjut Slamet, penerimaan masih didominasi sektor Industri Pengolahan dengan kontribusi sebesar 37,49 persen dari total realisasi penerimaan netto dan capaian pertumbuhan sebesar 2,48 persen.

104,78 persen

Kemudian disusul sektor Perdagangan Besar dan Eceran, Administrasi Pemerintahan dan Jaminan Sosial, diikuti Jasa Keuangan dan Asuransi, serta Pengadaan Listrik, gas, uap panas dan udara dingin.

“Sedangkan untuk capaian kepatuhan formal penyampaian SPT tahunan, sampai Agustus 2021 telah mencapai 104,78 persen dari total target 764,095 SPT atau terealisasi sejumlah 720,569 SPT. Realisasi ini terdiri dari 45,245 Wajib Pajak Badan, 68,814 orang pribadi non karyawan, serta 606,510 orang pribadi karyawan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Ketahuan Curi Motor, Maling Nekat Ceburkan Diri ke Kali Pepe: Warga yang Geram Lempari Pelaku dengan Batu

Di sisi lain, selama periode Juli hingga Agustus 2021, Kanwil DJP Jateng II juga menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti peringatan Hari Pajak dan Pajak Bertutur. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan semangat sadar pajak bagi masyarakat dan calon wajib pajak. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com