JOGLOSEMARNEWS.COM Info Penting

Penting! Ini Perbedaan Expired Date dan Best-Before pada Kemasan Makanan

Ilustrasi makanan kaleng. Pixabay

JOGLOSEMARNEWS.COM — Konsumen yang cermat pasti akan mencari tanggal kedaluwarsa atau expired date pada bungkus makanan kemasan saat akan dibeli. Selain expired date sering dijumpai istilah lain pada kemasan makanan, yakni best-before date.

Seringkali kedua istilah tersebut dianggap sebagai dua hal yang sama sebagai anjuran batas kedaluwarsa makanan untuk dikonsumsi. Tetapi kenyataanya, kedua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Lalu, apa sebenarnya perbedaan kedua istilah ini?

Baca Juga :  Mengenal Jenis Marka Jalan dan Fungsinya

Melansir laman blog.liebherr, istilah best-before date pada kemasan makanan memberikan informasi kepada konsumen mengenai kapan waktu terbaik mengonsumsi makanan tersebut hingga waktu atau tanggal tertentu.

Atau dengan kata lain, best-before date merupakan saran agar konsumen memakan produk tersebut waktu yang tertera atau ditentukan di kemasan makanan agar memeroleh kualitas maksimal dari makanan tersebut.

Advertisement
Baca Juga :  Cara Mengurus Izin P-IRT bagi UMKM dan Persyaratannya

Namun demikian, meski telah melewati waktu yang ditentukan konsumen masih boleh mengonsumsinya tetapi dengan kualitas produk yang menurun. Hal senada juga disampaikan oleh Ellie Topp, seorang ekonom profesional.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua