JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Munas IV  Apdesi Desak  Bupati untuk Kembalikan Kewenangan Pengisian Perdes  ke Pihak  Desa

Suasana Munas IV Apdesi / Foto: Beni Indra
Suasana Munas IV Apdesi / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (DPC Apdesi) Kabupaten Karanganyar, Jateng mendesak pada Mendagri Tito Karnavian agar rekruitmen perangkat desa  diserahkan kepada pihak desa,  bukan Pemkab.

Desakan itu disampaikan saat pelaksanaan Musyawarah Nasional Munas Apdesi ke IV di Jakarta, Minggu (17-18/9/2021) yang mana perwakilan Apdesi Cabang Karanganyar hadir.

Ketua DPC Apdesi Karanganyar Haryanto MM mengatakan, hampir seluruh DPC Apdesi yang hadir ternyata sama mengusulkan pengembalian wewenang pengisian perangkat desa seperti diamanatkan UU Nomor  6 Tahun 2014 tentang wewenang desa.
Pasalnya selama ini kewenangan itu diambil  oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati dengan membuat Peraturan Bupati Perbup pengisian perangkat desa.

Baca Juga :  Breaking News: Minibus Bermuatan Penumpang Terjun ke Jurang Sedalam 20 Meter di Dekat Astana Mangadeg Matesih Karanganyar

“Jujur saja uneg-uneg sebanyak 132 kades se Karanganyar anggota Apdesi sudah kami sampaikan langsung kepada Mendagri sesaat setelah membuka Munas IV,” ujarnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM melalui telepon seluler dari ateba Munas Apdesi di Jakarta, Sabtu (18/9/2021).

Advertisement
Baca Juga :  Tepis Tudingan Rudy Soal Rangkap Jabatan, Wasekjen DPD PDIP Jateng Sumanto: Bambang Patjul Hanya Jalankan Amanah Ibu Mega

Menurut Haryanto, dia banyak mendapat aduan dari sejumlah DPC Apdesi, Mendagri mengatakan agar seluruh pengurus DPC Apdesi se Indonesia bersikukuh pada UU Nomor 6 Tahun 2014 yang mana kewenangan desa terurai dengan jelas termasuk pengisian perangkat desa.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua