JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Peringati World Cleanup Day, Wonogiri Gelar Aksi Pungut Sampah dan Tanam Pohon

World Cleanup Day (WCD) tahun 2021 di Wonogiri dilakukan dengan aksi pungut sampah dan penanaman pohon / Foto: Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Kabupaten Wonogiri turut berpartisipasi dalam acara bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) tahun 2021.

Kegiatan itu dilakukan bersama volunteer dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonogiri, yang menggelar aksi bersih-bersih, Jumat (17/9/2021).

Acara tersebut berlangsung di tiga titik cleanup yaitu kantor DLH, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT), Ngadirojo.

Acara dibuka dengan apel pagi dengan penyambutan oleh Asisten II Sekretaris Daerah FX Pranata, AP, M. Hum.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa sebenarnya ada pandemi yang lebih berat dibandingkan pandemi Covid-19, yakni pandemi yang disebabkan oleh perubahan iklim yang ekstrem.

Lebih lanjut, Pranata mengatakan bahwa perubahan iklim tersebut menjadi isu yang harus menjadi perhatian bagi negara-negara di dunia.

Baca Juga :  Overkendel! Lebaran di Penjara Gegara Main Sabu di Wonogiri

Oleh karena itu masyarakat dan pemerhati lingkungan sudah selayaknya memiliki gerak dan langkah yang sama untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

“Teman-teman pemerhati lingkungan memiliki gerak dan langkah yang sama terhadap keseimbangan lingkungan,” ujar FX Pranata.

Pranata berharap gerakan World Cleanup Day di Kabupaten Wonogiri tidak hanya menjadi simbol atau perayaan tahunan tetapi dapat menjadi media yang menginspirasi masyarakat untuk peduli dengan lingkungan tinggal mereka.

“Namun harapannya semoga menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk selalu bisa menjadi individu-individu yang bertanggungjawab terhadap lingkungan,” tutup FX Pranata.

Dijelaskan, WCD Kabupaten Wonogiri menjadi sarana agar masyarakat sadar terhadap kebersihan dan keseimbangan lingkungan tinggal mereka.

Baca Juga :  Akhirnya Terungkap Cara Cegah Kecelakaan Air selama Libur Lebaran 2024, Masuk SOP saat Pemudik dan Wisatawan Banjiri Wonogiri

Kegiatan WCD Kabupaten Wonogiri tahun ini dilakukan dengan menggelar aksi pungut sampah dan menanam pohon. Tim cleanup dibagi di beberapa tempat sesuai titik yang sudah ditentukan.

Tim relawan atau volunteer WCD tahun ini mendapat jatah cleanup di daerah sekitar Dinas Pekerjaan Umum. Isnaini, leader WCD Kabupaten Wonogiri tahun 2021 kepada Joglosemarnews mengatakan, banyak sampah tak terurai di sekitar Dinas Pekerjaan Umum.

Tim relawan mengumpulkan sampah tersebut lantas dikumpulkan bank sampah untuk dikelola DLH.

Sementara itu, acara menanam pohon dilakukan di IPLT bersama tim relawan WCD, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Kehutanan. Tidak hanya itu, tim relawan WCD juga membagikan makanan dan minuman di TPA. Sri Rejeki

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com