JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Asupan Kalsium, Kesemutan di Jari Hingga Kram Otot

Susu. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM — Kalsium sering dihubungkan dengan kesehatan tulang atau tulang yang kuat. Ternyata tidak hanya berhubungan dengan tulang yang sehat, kalsium juga berperan besar dalam membantu pembekuan darah, kontraksi otot, dan kesehatan jantung.

Untuk itu manusia perlu mendapatkan kalsium dalam jumlah cukup, yang menjadi pertanyaan adalah: bagaimana kita bisa tahu apakah sudah cukup mengkonsumsinya?

Ahli diet Brittany Modell menyebut kalsium sangat penting untuk membentuk sel tulang baru dan juga menjaga kesehatan tulang, yang menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia.

Baca Juga :  Tidur 4 Jam Sehari Bisa Sebabkan Gangguan Kesehatan, Simak Penjelasan Berikut!

Kalsium banyak disimpan dalam tulang kita, bahkan hingga 99 persen. Menurut National Osteoporosis Foundation, vitamin D membantu tubuh dalam kemampuannya menyerap kalsium dan fosfor, yang membantu membangun dan memelihara tulang yang kuat.

Advertisement

“Selain vitamin D, kalsium juga bekerja dengan nutrisi lain untuk membangun kepadatan tulang, termasuk vitamin K, magnesium, dan potasium,” jelas Modell, seperti dilansir dari laman Well and Good.

Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, orang dewasa berusia 19 hingga 50 tahun membutuhkan setidaknya 1.000 mg kalsium per hari. Dan karena tulang kita menjadi lebih lemah dari waktu ke waktu, asupan yang disarankan untuk wanita di atas usia 50 dan pria di atas usia 70 adalah setidaknya 1.200 mg kalsium sehari.

Baca Juga :  4 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa Dimakan Langsung atau Dijus

Namun, penting untuk diingat bahwa dalam hal kalsium, lebih banyak tidak selalu berarti lebih baik. Menurut National Institutes of Health Office of Dietary Supplements (ODS), tingkat di mana tubuh Anda menyerap kalsium turun drastis ketika Anda mengonsumsi lebih dari yang Anda butuhkan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua