JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

UNS Launching Komunitas Masyarakat Peduli Api Singo Serang Hutan Bromo Karanganyar

Foto: Beni Indra
UNS Surakarta meresmikan komunitas Masyarakat Peduli Api di Karanganyar / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Universitas Sebelas Maret (UNS)  Surakarta meresmikan komunitas Masyarakat Peduli Api (MPI) di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus KHDTK Bromo, Karanganyar, Jateng, Jumat (17/9/2021).

Tujuan pembentukan MPI untuk antisipasi dini jika terjadi kebakaran hutan segera dipadamkan sebelum menjalar dan menyebabkan kerusakan dan kerugian fatal.

Wakil Rektor UNS Profesor Kuncoro Diharjo mengatakan mengingat berbagai faktor perlunya keamanan hutan ditengah cuaca ekstrem UNS berinisiatif membentuk komunitas MPI karena urgen sebagai pelaku utama pemadaman api dihutan.

Baca Juga :  Hendak Ziarah Almarhum KGPAA Mangkunegara IX, Mobil Elf Berisi Rombongan dari Demak Terjun ke Jurang Girilayu, Matesih, Karanganyar!

Pasalnya, MPI merupakan kumpulan masyarakat sekitar hutan yang juga sebagai petani hutan sehingga lebih taktis menanggulangi terjadinya kebakaran.

Advertisement

“Masyarakat hutan itu kan menguasai medan hutan dengan segala kesulitannya sehingga jika terjadi kebakaran hutan pasti mereka yang paling pertama berhadapan memadamkan api maka keberadaanya wajib disupport secara resmi,” tandasnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , di sela peresmian MPI Singo Serang di Hutan Bromo Karanganyar, Jumat (17/9/2021).

Menurut Profesor Kuncoro secara regulasi keberadaan MPI diakui sah oleh regulasi Kementrian Lingkunggan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga :  Tepis Tudingan Rudy Soal Rangkap Jabatan, Wasekjen DPD PDIP Jateng Sumanto: Bambang Patjul Hanya Jalankan Amanah Ibu Mega

Dengan demikian lanjut Profesor Kuncoro dibentuknya MPI juga dapat melakukan kerja sama resmi tentang pelestarian hutan dengan instansi manapun termasuk dengan kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain itu keberadaan MPI juga akan mendapatkan fasilitasi dari kementrian baik sifatnya capasity building ataupun bantuan peralatan teknis karena keberasaan MPI sangat dibutuhkan.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua