JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

24.709 Peserta Seleksi CPNS Kemkumham Jateng Ikuti SKD Mulai Hari Ini. Kakanwil: Kalau Ada yang Menawarkan Meluluskan, Itu Penipu!

Kakanwil Kumham, A Yuspahrudin. Foto/Wardoyo

SEMARANG, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 24.709 peserta seleksi CPNS atau CASN Kementerian Hukum dan HAM untuk wilayah Jawa Tengah mengikuti ujian SKD, mulai hari ini.

Pihak Kanwil Kemkumham menegaskan proses seleksi CAT SKD digelar transparan dan dijamin bersih tanpa ada permainan serta KKN.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, A Yuspahruddin menyampaikan agar peserta tidak tergiur dengan tawaran oknum yang mengaku bisa membantu meloloskan karena itu hanya modus untuk menipu.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) itu dilakukan terpusat di Universitas Negeri Semarang (UNNES) dimulai hari ini.

Baca Juga :  Kapok Komplit! Selain Diancam Pasal Pencabulan Anak di Bawah Umur, Bos Kuliner Asal Banyuanyar Terancam Dikenai Pasal Mempekerjakan Anak

“Ini harus bersih. Dan kami jamin bersih. Ya itu tadi, jangan sampai peserta ini karena keinginannya yang luar biasa untuk menjadi Pegawai Negeri. Akhirnya mencari-cari tempat untuk bisa membayar (calo),” tegasnya kepada media, Selasa (19/10/2021).

Yuspahruddin berharap para peserta atau keluarganya tidak mencoba untuk menyuap dan sebagainya agar lulus dalam seleksi kali ini.

Serta terjebak oleh oknum atau orang yang tidak bertanggungjawab yang menjanjikan bisa membantu atau meluluskan.

“Saya juga berharap bahwa peserta tes ini tidak berharap-harap dengan uang itu (upaya KKN). Jangan misalnya supaya bisa masuk nanti mencari-cari tempat untuk membayar uang”, harapnya

Baca Juga :  Pakar Hukum: Fatwa MA Jadi Jalur Hukum Terbaik Selesaikan Sengketa Sriwedari

Sebaliknya kalau ada yang menawarkan bisa diterima dengan cara membayar uang, ia memastikan hal itu adalah penipu.

“Jadi saya harus memastikan bahwa kalau ada yang menawarkan, boleh jadi itu petugas Kementerian Hukum dan HAM, barangkali juga ada orang lain, kalau ada yang menawarkan diri bisa memasukkan (meluluskan) tes ini berarti dia itu penipu,” tegasnya menambahkan.

Para peserta seleksi CPNS Kemkumham saat mengikuti SKD, Selasa (19/10/2021). Foto/Wardoyo
Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua