JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

3 Raperda Penting di Sragen Bakal Disahkan Pekan Depan. Salah Satunya Menyangkut Nasib PNS di 3 OPD Lho!

Ketua DPRD Sragen, Suparno. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak tiga rancangan peraturan daerah (Raperda) penting siap disahkan oleh DPRD Sragen. Tiga Raperda itu ditargetkan sudah bisa disahkan dalam sepekan ke depan.

Panitia khusus (Pansus) yang bertugas membahas tiga raperda tersebut secara maraton demi mengejar target pengesahan pekan depan.

Satu di antara tiga Raperda itu adalah Raperda SOTK yang terkait peleburan dinas hingga konsekuensi penggabungan PNS di dalamnya.

Ketua DPRD Sragen, Suparno mengatakan tiga Raperda yang segera disahkan tersebut masing-masing Raperda protokol kesehatan (Prokes), Raperda rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan Raperda struktural organisasi tata kerja (SOTK).

Baca Juga :  Stok Vaksin Astrazeneca dan Pfizer Kosong, Program Vaksinasi Booster Sragen Terpaksa Ditunda. DKK Sebut Masih Tunggu Kiriman

“Kami menargetkan tiga raperda disahkan pekan depan. Saat ini pansus mengebut rampungkan pembahasan dan konsultasi ke gubernur,” ujar Ketua DPRD Sragen, Suparno, kepada wartawan Senin (11/10/2021).

Menurut Suparno pembahasan ketiga raperda tersebut terbilang cepat karana tinggal mengadopsi aturan di atasnya.

Raperda SOTK dan prokes tinggal meneruskan aturan dari pemerintah pusat yang diteruskan ke daerah.

“Sementara Raperda RPJMD juga sudah disusun oleh kepala daerah terpilih sebagai implementasi dari visi misi. Sesuai aturan 6 bulan setelah dilantik, bupati terpilih harus membuat RPJMD,” terang Suparno.

Khusus untuk Raperda RPJMD, Suparno menyebut hanya memuat kebijakan makro dari kepala daerah sebagai tindaklanjut pemenuhan visi misi.

Baca Juga :  10 Kampus Terbaik Indonesia Hadir di Sragen, Bupati Ungkap Jurusan-Jurusan yang Lagi Banyak Dibutuhkan di Pemkab!

Seperti bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan serta program apa yang akan dilakukan.

“Intinya hal-hal apa yang akan dilakukan kepala daerah dalam bidang ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Untuk rencana pemindahan kompleks kantor pemkab, belum masuk dalam raperda tersebut,” tandasnya.

Ditambahkan Suparno, tiga raperda tersebut dibahas oleh tiga pansus yang dibentuk.

Raperda Prokes diketuai Sugiyamto (PDIP), Raperda RPJMD diketuai Faturohman (PKB) dan Raperda SOTK diketuai Hartanto (PKS).

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua