JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Biarpun Mendung Tanpo Udan, Tampungan Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri Mulai Diisi Air Pertanda Segera Difungsikan ini

Tampungan air
Prosesi pengisian tampungan air Waduk Pidekso Giriwoyo Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Waduk Pidekso di Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri mulai diisi air. Proses pengisian awal Waduk Pidekso ditandai dengan menekan tombol sirene, Kamis (14/10/2021).

Tampungan air yang disuplai aliran sungai pada bagian hulu mulai terisi. Pintu waduk ditutup, diharapkan segera terkumpul air untuk menuju peresmian waduk pada 21 Desember 2021 atau 211221 mendatang.

Kendati cuaca belakangan ini ibarat judul lagu yang lagi hit, ‘Mendung Tanpo Udan’, tampungan air terus terisi. Meskipun tidak terlalu deras lantaran belum turun hujan dan hanya terlihat mendung menggelayut, aliran sungai mampu masuk ke dalam tampungan air waduk.

Baca Juga :  Akhirnya Obyek Wisata Dibuka Tanpa Aturan Ganjil Genap Tapi Anak Dibawah 12 Tahun Dilarang Masuk

Bupati Wonogiri Joko Sutopo menjelaskan Presiden Joko Widodo diagendakan bakal meresmikan bendungan itu pada Selasa (21/12/2021). Karena itu, seluruh properti bakal dipersiapkan demi kelancaran peresmian Waduk Pidekso.

Advertisement

Banyak hal yang diharapkan dari Waduj Pidekso. Misalnya, 1.500 hektar lahan pertanian tadah hujan berubah menjadi lahan pertanian irigasi teknis. Lalu waduk juga bisa menjadi konservasi wisata hingga pemanfaatan air baku dengan debit 300 liter per detik dan mereduksi banjir.

Baca Juga :  Undian Hadiah BPR Wonogiri Warga Niru Wetan Ngadirojo Raih Toyota Avanza, Sedangkan Penduduk Wonoboyo Wonogiri Peroleh Daihatsu Grandmax Pikap

“Aspek-aspek ini bakal menjadi sesuatu yang luar biasa bagi Wonogiri,” kata
Bupati yang beken disapa Jekek itu.

Pihaknya berkomitmen untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Aset itu juga bakal dijaga supaya bisa meminimalkan terjadinya sedimentasi di Waduk Pidekso nantinya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua