JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Dapat Bonus 50 Juta, Damar Rizqi Wibowo Atlet Judo Wonogiri Sabet Perunggu di PON XX Papua Padahal Baru Kali Pertama Ikut loh

Pon Papua
Pelepasan atlet Wonogiri ke PON XX dan PEPARNAS XVI. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM — Kebanggaan tersendiri memancar dari wajah atlet judo asal Kabupaten Wonogiri, Damar Rizqi Wibowo (27). Pasalnya dia sukses membawa harum kontingen Jateng dan Kabupaten Wonogiri.

Dalam ajang PON XX Papua 2021, Damar menyabet medali perunggu. Perolehan ini sekaligus mengingatkan kepada janji Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek soal bonus bagi atlet penyumbang medali PON XX maupun PEPARNAS XVI Papua.

Mewakili Jawa Tengah, Damar mengalahkan altel judo asal Provinsi Jambi di kelas minus 100 kg. Sebelumnya, di babak semifinal, dia dikalahkan wakil kontingen Jawa Barat.

Damar mengakui bahwa ini kali pertamanya mengikuti ajang PON.
Namun tak disangka, Damar berhasil merengkuh penghargaan terbaik ketiga dan berhak mendapatkan medali perunggu.

Damar menuturkan bahwa persiapan yang dilakukan tak terlalu lama. Sebab, ia juga menjadi salah satu karyawan di perusahaan event organizer di Jakarta.

Baca Juga :  Petir Menyambar di Baturetno Longsor Tirtomoyo Hingga Banjir di Selogiri, ini Bencana Alam di Wonogiri Awal Penghujan 2021

Karena terbentur dengan jam pekerjaan, latihan Damar di Jakarta hanya sebatas latihan fisik. Barulah di awal tahun 2021 lalu, mendapatkan izin cuti dan pulang ke Wonogiri.

Sejak saat itu, dia mulai melakukan persiapan dengan melakoni latihan rutin, latihan fisik dan matras menurut penjelasannya. Baru di bulan April, dia melakukan pemusatan latihan atau TC di Semarang.

“Sebenarnya lumayan berat, saya sempat vakum dari judo dari tahun 2014 karena pekerjaan. Baru di 2018 ada kesempatan Porprov, ndelalah dapat nomor satu,” kata dia, Kamis (21/10/2021).

Dari Porprov itu, kata Damar, berlanjut ke Kejuaraan Nasional (Kejurnas) untuk mencari poin sebagai syarat mengikuti PON. Namun karena pandemi COVID-19, Damr baru mulai melakukan persiapan di tahun 2020, itupun dengan sederhana.

Dengan persiapan yang dinilainya kurang maksimal, tetap bertekad tampil sebaik mungkin di membawa nama Jawa Tengah di tanah Papua. Hingga akhirnya, pada hari Minggu (3/10/2021) berhasil menjadi atlet judo terbaik nomor 3 nasional di kelas 100 kg.

Baca Juga :  Bocah 7 Tahun Tewas Bermain Ranting Daun Singkong, Terjadi di Jetis Kidul Desa Bero Manyaran Wonogiri

“Melihat persiapan dan jangka waktu latihan saya yang mepet, bisa naik podium itu sudah menjadi kebanggaan untuk saya sendiri,” ujar Damar.

Selama berjuang di PON, pria kelahiran Palembang, 30 Mei 1994 yang juga bergabung di Klub Gajah Mungkur PJSI Wonogiri, bertanding sebanyak tiga kali.
Di babak perempat final yang merupakan pertandingan pertama, berhasil mengalahkan wakil kuat asal DIY.

Lalu, pada pertandingan kedua, yang merupakan babak semi final, Damar kalah dengan wakil Jawa Barat. Baru kemudian di pertandingan terakhir, perebutan juara ketiga, menang atas wakil Jambi dan berhak mendapat medali perunggu.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua