JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Ini Perbedaan Cincau Hijau dan Hitam, Kamu Suka yang Mana?

Cincau. Tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Cincau merupakan bahan campuran minuman yang rasanya menyegarkan, apalagi dicampur dengan es dan diminum siang hari saat cuaca panas.

Cincau memang kerap dikonsumsi bersama berbagai minuman, seperti es dawet, es buah dan lain sebagainya.

Cincau sendiri memiliki dua varian, yaitu cincau hijau dan hitam. Selain warna, cincau sendiri memiliki berbagai perbedaan.

Berikut beberapa perbedaan cincau hitam dan hijau:

1. Bahan pembuatan
Cincau hijau berasal dari tanaman rambat berjenis cylea berbata myers. Sedangkan cincau hitam berasal dari daun tanaman mesona palustris atau akrab disebut daun janggelan.

2. Tekstur cincau
Tekstur cincau hijau dan hitam terlihat cukup berbeda. Cincau hijau memiliki tekstur tidak tahan lama, licin, dan lembut, yang membuatnya agak sulit untuk dipotong. Cincau hijau lebih mudah diambil menggunakan sendok dan dapat dicampurkan ke berbagai jenis minuman.

Sementara itu, cincau hitam bertekstur cukup keras dan memiliki daya tahan cukup lama, sehingga ia lebih mudah dipotong dadu atau sesuai selera.

3. Proses pembuatan
Jika ingin membuat cincau hitam, daun janggelan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, kemudian direbus dalam air mendidih dan diberikan campuran abu merang hitam. Air dari rebusan kemudian disaring dan diberi tambahan pati tapioka. Setelah itu diamkan semalaman hingga tekstur berubah menjadi agar-agar.

Sedang membuat cincau hijau, ambil beberapa daun tanaman cincau hijau. Kemudian remas daun bersama air matang hingga sari-sarinya keluar. Setelah itu saring sarinya. Diamkan kurang lebih empat jam hingga tekstur berubah menjadi agar-agar.

Meski memiliki beberapa perbedaan, cincau hitam dan cincau hijau sama sama memliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di antaranya melancarkan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com