JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Syarat Agar Daerah Bisa Ditetapkan Menjadi Level 1 PPKM, Ternyata Salah Satunya Soal Capaian Vaksinasi Lansia

Bupati Wonogiri
Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek. Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Salah satu persyaratan bagi daerah untuk bisa ditetapkan menjadi level 1 PPKM adalah capaian vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia atau lansia. Syarat minimalnya adalah capaian vaksinasi lansia minimal 60 persen.

Lantas jika ada daerah yang kasus COVID-19 terus menurun namun capaian vaksinasi belum menyentuh 60 persen apakah secara otomatis tidak bisa ditetapkan sebagai level 1?.

Sebagai gambaran nyata adalah Kabupaten Wonogiri. Dimana total sasaran lansia yang harus divaksin sebanyak 167.254 orang. Dari jumlah tersebut, lansia yang sudah divaksin sebanyak 85.251 atau hampir 51 persen.

Baca Juga :  Bos Pinjol Ilegal Peneror IRT yang Gantung Diri di Selomarto Giriwoyo Wonogiri Ditangkap, Ternyata WNA Cina

Artinya belum memenuhi persyaratan untuk ditetapkan ke level 1. Untuk diketahui saat ini Wonogiri bersama daerah sekitarnya yang masuk aglomerasi Surakarta berada pada level 2.

Advertisement

Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan memang capaian vaksinasi untuk lansia belum sesuai target. Penyebabnya bukan lantaran faktor geografis maupun rendahnya minat untuk divaksin.

Baca Juga :  Ternyata ini Penyebab Serapan DAK Fisik Wonogiri Masih Rendah, Hingga Pekan Kedua Oktober 2021 Masih di 45 Persen

Penyebabnya adalah banyak lansia yang tidak lolos skrining ketika akan divaksin. Misalnya tekanan darah tinggi atau penyakit lainnya.

“Jadi ini terjadi karena aspek secara medis, misalnya aspek skrining tidak lolos,” kata Bupati Wonogiri, Rabu (6/10/2021).

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua